Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Saat Membeli Produk Handmade! Jangan Panik, ini 7 Kelebihan Produk Handmade Yang Bisa Memuaskan Kamu

Hai Sobat Unix, bicara tentang produk handmade, apalagi di zaman yang serba praktis, digital dan modern ini banyak sekali produk-produk buatan pabrik seperti walldecor atau hiasan dinding, kriya, tas, sepatu, baju dan produk lainnya yang memiliki harga yang kompetitif dibanding produk handmade. Yaps, memang produk buatan pabrik atau buatan mesin memiliki harga kompetitif itu di karenakan produksinya secara massal dan tidak perlu membutuhkan tenaga kerja serta waktu yang banyak untuk memproduksi berpuluh-puluh unit produk.

keunggulan produk handmade

Akan tetapi sob, fakta uniknya jika melihat perkembangan dari tahun ke tahun, konsumen saat ini juga semakin banyak lebih tertarik dengan produk handmade ketimbang pabrikan meskipun seringkali harganya sedikit lebih mahal. Karena baik dari sisi konsumen yang semakin melek akan kualitas dan produsen yang pandai menciptakan peluang dengan memproduksi produk handmade berkualitas serta pemasaran yang sesuai target market. Disitulah yang manjadi identitas produk handmade tetap bisa digemari hingga bertahan dan eksis sampai saat ini.

Eh, ByTheWay ada yang belum paham tentang arti Handmade sob? Yap "Handmade" hand=tangan made=buatan, nah loh..@#$? Kalo digabungin, jadi tangan buatan dong! Hehehe, ngGak gitu sob. Berikut saya ulas singkat tentang produk handmade

Pengertian Handmade

Menurut translate babla.co.id Handmade adalah buatan tangan atau karya tangan. Jadi konteks yang tepat dari handmade menurut saya ialah Sebuah kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan kreativitas dari tangan pengrajin dan tidak diproduksi secara massal. Selain itu, handmade nGgak sembarang dibuat sob, sebab produk handmade membutuhkan kemampuan dan pengetahuan tertentu untuk menciptakan karya secara terampil.

Back to topic sob, Apakah produk handmade selalu bagus? Lantas produk pabrikan itu jelek? Ya ngGak juga sob. Kalau saya ilustrasikan seperti ini, "dalam lini usaha apapun, baik produk pabrik atau produk handmade memiliki kisah yang sama seperti layaknya masakan ibu". Maksudnya? Di setiap produk ada passion, antusiasme, dan cinta yang tercurah. It's so, Baik produk Handmade atau Pabrikan bisa berkualitas sangat bagus atau jelek, ya itu tergantung banyak faktor, misalnya bahan baku dan skill pembuatnya.

Lalu, apa sih kelebihan produk handmade untuk sobat unix pilih dibandingakan dengan produk buatan pabrik? Kan Bingung juga Saat Membeli Produk Handmade, tapi ngGak tau kelebihan dari produk handmade.

7 Kelebihan Produk Handmade Yang Bisa Memuaskan Kamu

1. Bahan Baku Berkualitas

Sadar dengan produk yang dikeluarkan, harga pun juga akan sedikit mahal dari jenis produk serupa yang dikeluarkan pabrik. Jadi produsen barang handmade bersaing dari segi bahan baku yang harus memberi kepuasan pada konsumen. Sehingga produksi banyak dan terjual banyak bukan target utama produsen produk handmade, melainkan value dan kualitas adalah tujuan utamanya dalam memberi kepuasan konsumen hingga menjadi brand yang terkenal.

Makanya, produsen-produsen produk handmade selalu memperhitungkan jenis bahan baku yang berkualitas, dan ngGak berani mengambil spekulasi dengan menggunakan bahan baku berkualitas rendah.

2. Ketelitian Lebih Diutamakan Daripada Kecepatan

Yang namanya handmade adalah produk yang sebagian besar dibuat oleh tangan manusia, yah meskipun barang pabrikan juga ada yang di sentuh oleh tangan manusia tetapi itukan hanya sedikit. Beda dengan Handmade, hampir semua dilakukan oleh manusia, mulai dari membuat pola, pemotongan, hingga sampai ke proses packing produk.

Karena dibuat oleh tangan, tentu aja para pembuat harus teliti disetiap langkah penciptaanya, jadi jangan heran kalau satu produk handmade bisa memakan waktu yang cukup lama. Tapi hasilnya sangat memuaskan, inilah sebabnya harga produk handmade menjadi lebih mahal.

3. Antimainstream, Unik dan Berbeda

Biasanya handmade bukan produk yang pasaran, karena produksinya ngGak besar-besaran layaknya pabrikan, bahkan ada produk handmade yang bisa di custom sesuai permintaan konsumen. Jadi ngGak perlu khawatir produknya akan kembaran, selain itu, pemasarannya di lakukan lewat outlet khusus atau melalui online saja. Sehingga hanya orang-orang tertentu yang tahu.

Nah, untuk sobat unix yang suka dengan gaya kekinian dan suka tampil beda, maka kamu dipastikan cocok memakai produk-produk dari handmade ini. Karena hampir semua produk handmade yang ada, memiliki tampilan unik dan akan memberikan kesan keren pada tampilan serta berbeda dari yang lainnya.

4. Lebih Tahan Lama

Saya ambil contoh dalam usaha tas, bagi orang awam, mungkin ngGak mengerti apa itu jarak jahitan. Tapi kalau sobat unix mau memperhatikan produk masal yang harganya murah. Maka bisa dipastikan jarak jahitannya lebar, ngGak ada jahitan kunci atau jahitan balik. Hasilnya tentu jahitan mudah lepas/dedel.

Beda dengan barang handmade yang sangat detail memperhatikan jarak jahitan juga kunci jahitan. Sesuai poin yang pertama, standar kualitas produk handmade adalah barang itu harus bagus dan nyaman, sebab pembuat selalu mengibaratkan produk itu akan dipakai sendiri. Jadi ngGak mungkin, buat produk jelek untuk diri sendiri kan?

5. Ada Kebanggaan

Kenapa saya bilang ada kebanggaan! Ini mengutip dari penyampaian sobat unix yang berkata "Kalau ngGak sanggup membeli yang branded, Ya gue mending beli produk handmade dan gak mau pake produk yang KW ah {Ggeelaayy}" Saya setuju banget akan hal itu. Karena kita ngGak bisa membandingkan produk handmade dengan barang branded yang sangat bagus sekalipun. Karena handmade dengan segala kekurangan dan kelebihannya, memiliki rasa dan kisah yang tidak dimiliki barang-barang branded.

Masih ingat istri PM Singapura yang menenteng pouch kain sederhana waktu hadir menemui First Lady Amerika? Nggak ada Birkin Himalayan Croco, Chanel, atau Louis Vuitton. Yang ada hanya sebuah dompet kain kecil bermotif dinosaurus berwarna biru yang dibuat oleh seorang penyandang autisme. Dan itu menuai banyak pujian lho. Lalu gimana produk KW? Ah sudahlah… Nggak perlu dibahas, karena artikel ini kan lebih intens ke produk handmade, hehe...

6. Ada Cinta di Dalam Produk Handmade

Seperti analogi masakan ibu yang di atas tadi, ada rasa yang tercurah, semangat dalam produk handmade. Maka pasti beda dengan hasil karya pekerja pabrikan yang digaji, yang dicambuk oleh target/OPlah setiap harinya, sehingga kadang membuat kualitas sangat rendah.

7. Menghidupkan Usaha Kecil

Well, point ini yang paling penting yang bisa memuaskan sobat unix ketika membeli produk handmade. Why? Ini sih kalau diliat dari sisi kacamata saya aja, para pengusaha produk handmade itu kan notabennya adalah para UKM/UMKM dimana mereka menggunakan keuntungan untuk membantu biaya hidup keluarga tercinta, maupun orang disekitarnya. Jadi suka ngGak suka, mau ngGak mau, ketika sobat unix membeli produk handmade, saya pastikan kamu telah menghidupkan usaha kecil.

Lagipula, bisnis handmade adalah salah satu titik terang dan solusi dari membanjirnya produk-produk asing dengan harga bantingan. Lain dengan usaha pabrikan, ketika para pengusaha besar mendapatkan untung dari usahanya, mereka akan menambah koleksi mobil mewah, istana mewah, atau istri baru yang juga mewah… Ehalah?! Canda kok sob, hehe..

Nah, gimana sobat unix? Sependapat dengan saya kah! Sementara itu dulu sedikit cerita tentang 7 Kelebihan Produk Handmade Yang Bisa Memuaskan Kamu. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bingung Saat Membeli Produk Handmade! Jangan Panik, ini 7 Kelebihan Produk Handmade Yang Bisa Memuaskan Kamu"