Keren Parah ! Ide Kreatif dari Barang Bekas ini Bernilai Tinggi

prakarya dari barang bekas

Saat ini, mungkin sebagian orang masih mengalami dampak dari pandemic. Dan nggak bisa di pungkiri juga, banyak sobat-sobat unix diluar sana yang menjalani kegiatan di rumah dengan waktu yang luang.

Memiliki waktu luang kadang membuat kita bingung untuk menentukan apa yang ingin di lakukan, bener kan sob!. Terlalu banyak pilihan juga malah kadang membuat makin pusing, nah.. kalau melakukan hal yang itu-itu aja malah membuat sobat pusing serta bosan! Nggak ada salahnya sobat unix membuat satu hal baru yang bisa di coba, salah satunya dengan membuat kerajinan dari barang bekas.

Selain memanfaatkan waktu luang, sobat unix juga bisa lebih produktif dan memiliki barang-barang buatan karya sendiri. Siapa tau juga sob, alih-alih hanya memanfaatkan waktu luang, ehh... malah mendapatkan penghasilan dari pemanfaattan barang bekas.

Apalagi sekarang ini bisnis kreatif menjadi salah satu usaha yang menjanjikan sob. Kenapa bisa dibilang menjanjikan? Karena jika berkaca pada fakta yang ada dilapangan, ternyata banyak juga lho diluar sana pengusaha-pengusaha yang sukses dengan produk kerajinan tangan unik yang mampu menembus pasar nasional bahkan internasional. Padahal, bahan yang dipakai dari pemanfaattan barang bekas.

Yuk sob, simak contoh-contoh kerajinan dari barang bekas berikut ini, siapa tau bisa jadi inspirasi sobat unix untuk membuat barang bekas serupa bernilai tinggi.

1. Lampu Cantik dari Botol Bekas

Botol bekas sirup, kopi, atau minuman lainnya bisa sobat manfaatkan menjadi kerajinan yang unik seperti lampu cantik satu ini. Ide kreatif barang bekas ini sangat pas untuk dijadikan pajangan di meja kamar tidur sobat. Cara membuatnya pun sangat mudah sob. Sobat cukup bersihkan satu botol kaca bekas lalu masukkan lampu kecil atau fairy lights ke dalamnya. Sobat bisa juga menyembunyikan stekernya / saklar lampu di belakang botol.

images on aliexpress

Selain menjadi lampu duduk, botol kaca bekas juga bisa sobat unix kreasikan menjadi lampu gantung yang indah. Dijamin dech sob, tampilan baru kamar akan membuat sobat semakin betah jika menggunakan kreasi barang bekas ini.

2. Lampu Unik dari Sendok Plastik Bekas

Sobat unix merasa bingung melihat banyak sendok plastik bekas yang sudah tidak layak pakai? Eits, jangan dibuang dulu dech. Sebab sobat unix bisa mengumpulkan sendok plastik bekas tersebut untuk dimanfaatkan dalam pembuatan lampu yang artsy.

images on futurenow

Daripada mubazir sob, kan bisa nih membuat sendok plastik menjadi kerajinan dari barang bekas yang bernilai seni dan pastinya kalo dijual pun akan laku sob.

3. Miniatur Klasik dari Kaleng Bekas

Kaleng bekas minuman ringan adalah sesuatu yang tidak berguna bagi banyak orang. Sobat pastinya sering lihat benda ini kan! Biasanya kaleng-kaleng ini menjadi sampah yang menjengkelkan karena tidak bisa dibakar dan sulit banget untuk terurai sob. Tapi lain lagi, jika ditangani dengan ide kreatif, maka kaleng bekas ini dapat diubah menjadi karya seni yang memiliki nilai jual tinggi.

images on detiknews

Karya ini sangat cocok digunakan sebagai hiasan untuk memperindah ruangan. Perhatikan gambar miniatur kendaraan tersebut. Terlihat sangat unik, klasik dan indah sekali kan? Terdapat banyak juga minatur dari kaleng bekas tsb yang di kreasikan mulai dari kendaraan, furniture, dll..  Bisnis kerajinan tangan unik seperti ini sangat menjanjikan karena banyaknya bahan baku yang bisa didapat dengan harga sangat murah, sedangkan nilai jualnya sangat tinggi.

4. Miniatur Berkelas dari Besi Bekas

Besi adalah sebuah logam yang selama ini dianggap sebelah mata, apalagi limbahnya yang sering diabaikan. Akan tetapi, hal lain jika limbah besi jatuh di tangan orang kreatif, rongsokan besi tersebut pasti akan disulap menjadi sebuah maha karya dalam bentuk miniatur. Kerumitan serta komplektisitas pembuatannya, membuat miniatur dari besi bekas dihargai dengan harga mahal lho sob.

images on timesmedia

Dengan sedikit imajinasi, bagian demi bagian dirakit menjadi sebuah miniatur yang indah. Bisnis kerajinan ini juga dapat menghasilkan keuntungan yang besar karena bahan baku besi bekas harganya sangat murah.

5. Furniture Unik dari Ban Bekas

Siapa sangka nih sob, ban bekas yang dulu keberadaannya dibakar dan dibuang. Saat ini bisa diubah menjadi perabotan rumah tangga yang bernilai jual tinggi. Beberapa buah ban mobil bekas bisa dijadikan satu set furniture unik yang bisa digunakan untuk mempercantik halaman rumah atau ruang tamu.

images on apkpure

Produk ini dapat menjadi kerajinan tangan yang banyak sekali diminati oleh pembeli karena keunikannya. Selain memiliki estetika, kerajinan semacam ini juga memiliki masa yang cukup panjang sob. Mengingat bahannya yang terbuat dari karet ban, apalagi jaman sekarang, banyak orang lebih menyukai perabotan rumah tangga langka tapi nggak mengurangi sisi estetikanya.

6. Furniture Unik dari Palet Kayu Bekas

images on wonderdful DIY

Kerajinan ini lagi viral dan banyak banget peminatnya sob.. Yaps, kerajinan palet bekas bukan sekedar barang bekas yang tidak bernilai jika diolah dan dikreasikan dengan benar, barang bekas kayu palet tersebut bisa banget sob disulap jadi furnitur yang cantik dan unik. Seperti satu set perlengkapan ruang tamu berikut ;

Kreasi dari kayu palet bekas satu ini sangat simple tapi fungsional apabila dikreasikan. Sobat bisa menyusun palet tersebut, kalo perlu berikan alas dengan roda maka jadilah sebuah coffee table yang artsy. Biar meja dari kotak kayu bekas lebih awet sob, jangan lupa gunakan vernis sebagai sentuhan akhir. Bila perlu, bagian atas juga bisa sobat letakkan kaca dan lengkapi dengan pot tanaman hias.

Well, sebenarnya masih banyak ide-ide pemanfaattan barang bekas untuk kerajinan sob. Cuma kalau kita bahas disini nanti bisa panjang banget sob. Hahahaa, Nah membuat kerajinan dari barang bekas selain bisa mengurangi sampah sekaligus menambah produktivitas sobat, ternyata bisa lebih dari itu kan sob!, seperti yang disampaikan di atas, alih-alih memanfaatkan barang bekas malah bisa mendapatkan cuan tambahan sobat kan? Jadi tertarik! Yuk dibuat sekarang juga sob.

“Jika kamu memiliki ide, mulailah hari ini. Tak ada waktu yang lebih baik untuk bertindak selain sekarang” - Kevin Systrom (CEO Instagram)

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Keren Parah ! Ide Kreatif dari Barang Bekas ini Bernilai Tinggi"