Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Intip ! 10 Ide Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dan Cara Membuatnya

hiasan dinding

Penampilan ruangan di rumah terkesan monoton? Jadi Bosan dengan dinding kamar yang begitu-begitu aja? Bahkan kadang ingin rasanya menambahkan sesuatu! apa gitu yah, biar lebih bagus.

Berikut artikel rekomendasi dari Unix Custom tentang hiasan dinding unik yang bisa mempercantik rumah / ruangan sobat. Yuk, simak beberapa dekorasi berikut ini!

Oh iya sob, kamu bisa banget menggunakan barang-barang yang ada di sekitar rumah lho. Pastinya makin hemat, kan sob? Membuat hiasan dinding unik ternyata juga nggak sulit. Sobat unix bisa berkreasi menggunakan barang yang murah atau barang bekas.

1. Hiasan Dinding Botol Kaca

Ingin memberikan sentuhan rustic di rumah sobat? Bisa banget, sobat tinggal menambahkan hiasan dinding botol kaca seperti di bawah ini, serta gampang dibuat sendiri.

hiasan dinding botol kaca

Selain membuat dekorasi menjadi lebih estetik, hiasan botol kaca ini juga ramah lingkungan karena memanfaatkan barang-barang bekas sob. Tambahkan tanaman atau bunga untuk sentuhan yang lebih fresh! Boleh bunga asli, boleh juga bunga artifisial.

Kalau bosan dengan hiasan dinding tanaman, sobat unix bisa langsung ganti dengan hiasan bunga atau hiasan unik lainnya. Nah sobat unix, kalo kalian masih bingung, yuk cek video tutorial di bawah.

2. Hiasan Dinding Tassel ala Scandinavian

Hiasan dinding tassel ala Skandinavian ini bisa jadi pilihan bagi sobat unix yang ingin punya hiasan dinding unik. Sobat bisa menggunakan tassel yang banyak di jual toko online atau bisa juga membuat tassel sendiri.

tassel ala scandinavian
images on google user content

Hiasan tassel ini cocok untuk melengkapi beberapa dekorasi ruangan, misalnya dekorasi rustic atau ala Tumblr. Untuk membuat pajangan tassel, sobat mesti siapkan tali rajut, pita, dan batang pohon.

Langkah pertama yang harus sobat unik lakukan adalah membuat tassel dan tirai untuk bagian belakang. Kemudian kaitkan pada batang pohon yang telah dibersihkan. Biar nggak salah saat membuat hiasan unik seperti di atas, sobat unik bisa cek video tutorial di bawah ini yah.

3. Hiasan Dinding Bingkai Kertas atau Kain

Cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri yang satu ini termasuk cara yang paling mudah untuk dilakukan. Yang perlu sobat unix lakukan hanyalah mencari kertas dinding (wallpaper), kertas kado atau kain dengan motif dan gambar yang disukai.

images on laurasbeau.co.uk

Untuk bingkai fotonya, sobat bisa menggunakan bingkai yang tidak terpakai untuk menghemat pengeluaran yah kan.. atau sobat bisa menggunakan styrofoam.

Cara membuat hiasan dinding buatan sendiri ini mudah banget sob.. Sobat hanya melapisi styrofoam dengan kertas dinding (wallpaper kesukaan) / kain lalu tinggal di lem deh. Sobat juga bisa sih tancapkan stapler/paku payung di bagian belakang styrofoam untuk mengencangkannya.

4. Kertas Warna-Warni Bentuk

images on sugarandcloth.com

Selanjutnya adalah sobat bisa membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri dari kertas berwarna dengan menggunting kertas-kertas dan membentuknya menjadi beragam bentuk bangun datar.

Bahan-bahan yang diperlukan sobat unik untuk hiasan dinding buatan sendiri ini meliputi: Kertas berwarna, Pensil, Gunting, Bingkai foto 12x12 (ini opsinional yah sob), Lem, Kertas cardstock putih 12x12 (kalo ini sih opsional sob).

Untuk cara membuat hiasan dinding ini, sobat bisa mengira-ngira lebih dulu, dan memikirkan bentuk apa yang sobat unik inginkan. Langkah awalnya, sobat buat sketsa bentuknya dulu menggunakan pensil pada kertas berwarna

Misalnya, membuat lingkaran, kotak, bulan sabit, segitiga, dan poligon. Setelah itu tempelkan beberapa kertas berwarna yang sudah dibentuk pada kertas cardstock putih 12x12. Jika tempelan kombinasi kertas warnanya udah dirasa pas dan sesuai, sobat tinggal bingkai kertas cardstock tersebut dalam bingkai foto. Bagaimana sob? Cantik dan mudah banget kan?

5. Hiasan Dinding Tempel Buku

Hiasan dinding buatan sendiri yang satu ini cocok banget bagi sobat yang gemar membaca buku. Cara membuat hiasan dinding buatan sendiri ini tergolong unik dan mudah karena dari barang bekas buku atau buku yang sudah usang.

Untuk hiasan dinding buatan sendiri ini sobat hanya memerlukan beberapa buku bekas atau majalah, Lem, Perekat dinding. Atau sobat bisa membeli beberapa buku bekas yang terlihat antik dengan kertas menguning untuk kesan klasik. Yah, sebenarnya ini tergantung selera sobat unix juga sih.

hiasan dinding buku
images on ideastand.com

Bagi sobat unix yang lebih senang dengan desain visual, sobat bisa membeli majalah-majalah desain. Tinggal sesuaikan aja dengan preferensi sobat. Konsep dari hiasan dinding buatan sendiri ini adalah membuat hiasan dari buku yang nampak terbuka-buka sendiri oleh angin.

Yang perlu sobat lakukan yaitu dengan merekatkan beberapa halaman, sampai tercapai efek buku terbang yang membuka-buka sendiri halamannya seperti sihir sob. Setelah halaman-halaman buku selesai di lem, sobat tinggal rekatkan punggung buku pada dinding kamar.

Eeetss, tenang sob. Kalo sobat unix bingung, coba simak video tutorial dibawah ini. Lengkap dan gampang di praktekkin.

6. Hiasan Tanda Tangan

Buat sobat unix yang senang bergaul dan berkumpul dengan banyak teman, hiasan dinding satu ini bisa menjadi barang yang menarik lho sob. Selain memperindah dinding, hiasan dinding buatan sendiri ini bisa menjadi barang yang sifatnya sangat personal, sebagai simbol pertemanan dengan orang-orang terdekat dalam hidup sobat unix.

hiasan tanda tangan
images on google user content

Cara membuat hiasan dinding buatan sendiri ini, yang sobat perlukan hanya satu bingkai kanvas lukis dan spidol. Sobat bisa memilih satu warna spidol hitam untuk menghadirkan kesan kalem dan monokrom.

Untuk efek yang lebih ceria, sobat pilihlah spidol warna-warni. Setiap ada teman yang main ke rumah, sobat unix bisa memintanya untuk menandatangani kanvas ini. Atau jika masih sekolah, kuliah, sobat bisa membawa kanvas ini ke kelas perkuliahan atau sekolah. Tinggal minta aja teman-teman sekelas untuk membubuhkan tanda tangan dan komentar tentang persahabatan kalian sob.

7. Hiasan Dinding dari Kertas Origami

kertas origami
images on gatheringbeauty

Karya kerajinan tangan dari kertas origami memang merupakan hiasan yang cukup populer sob. Banyak sekali bentuk yang bisa dipilih dengan pilihan warna yang meriah. Bentuk yang kami pilih pada gambar hiasan dinding di atas ini mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Berikut langkah-langkahnya sob ;

  • Ambil kertas origami dan lipat menjadi dua di sepanjang kedua diagonal
  • Buka kembali dan lipat setiap sudut ke tengah
  • Balikkan kertas dan lipat lagi semua sudut ke tengah
  • Atur posisi kotak-kotak kertas yang telah jadi
  • Potong papan busa atau karton sesuai ukuran
  • Untuk menyelesaikannya gunakan lem atau selotip dua sisi
  • Pastikan potongan origami meerkat kuat pada papan busa atau karton

Gambar lebih lengkapnya cara membuat hiasan dinding dari kertas origami ini, sobat unix bisa lihat di laman Gathering Beauty.

8. Hiasan Dinding Foto Kolase

Hiasan dinding yang satu ini punya nilai yang mirip dengan hiasan kanvas tanda tangan sob. Selain bikin dinding ruangan lebih enak dilihat, hiasan ini juga bisa jadi semacam jurnal kehidupan sobat unix. Cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri ini juga menyenangkan dan mudah.

photo by Juliana Malta (on Unsplash)

Caranya begini sob, setiap kali sobat unix pergi berjalan-jalan bersama pacar, teman-teman dan keluarga, ambillah foto-foto Instagramable memakai kamera polaroid. Sobat bisa mengambil foto-foto tempatnya dan kebersamaan bersama orang-orang terdekat. Setelah itu sobat unix tempelin deh foto-foto ini pada dinding, bisa dinding ruang tamu atau kamar. Agar lebih menarik, sobat unix bisa menempelkan foto-foto ini membentuk sesuatu, misalnya simbol hati atau ampersand (&).

9. Hiasan Kata-Kata Mutiara atau Motivasi

hiasan kata-kata mutiara

Sobat unix mau Hadirkan dekorasi dinding yang juga bisa menjadi moodbooster sepanjang hari? Seperti dengan menggunakan pigura berisi kata-kata mutiara ini. Hiasan dinding ini sangat cocok untuk dihadirkan pada berbagai ruangan mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamat tidur. Cara membuat dekorasi yang satu ini juga cukup mudah sehingga dapat sobat jadikan hiasan dinding buatan sendiri.

Tapi kalo para sobat unik nggak mau repot atau bahkan mager untuk membuatnya, sobat juga bisa loh order product walldecor / hiasan dinding ini dari unixcustom, dan asiknya sobat unik bisa request 'mau' kata-kata motivasi seperti apa yang akan dicetak.

10. Hiasan Dinding Tulisan

Jika pigura berisi kata-kata mutiara kurang mencolok untuk dipajang di rumah bagi Anda, mungkin Anda bisa memiliki dekorasi berbentuk tulisan yang satu ini. Hiasan dinding tempel ini juga memiliki kata-kata yang menarik untuk menghiasi ruangan di rumah.

wallpaper tulisan kata-kata

Ok sob! itulah 10 ide unik hiasan dinding dekorasi buatan sendiri dan cara membuatnya. Semoga bisa menambah inspirasi sobat unix dan selamat berkreasi.

source : rukita, ruparupa, 99

8 komentar untuk "Yuk Intip ! 10 Ide Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dan Cara Membuatnya"

  1. mantap gan, ,mari sukseskan dunia blog Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. aashhiiapp bang marten...thanks for visit+feedback nya

      Hapus
  2. mantap bang kepikiran buat hias kamar yang super berantakan, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh..mantap!!! senang rasanya kalo artikel kita bisa bermanfaat
      Terima kasih kak gilang atas kunjungannya

      Hapus
  3. Wah, terima kasih Bang atas informasinya. Kreatif sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya kak Haris :)
      wahh, ikut senang juga nih rasanya jika artikel yang kita publish bisa menambah informasi sobat semua

      Hapus
  4. wah , terima kasih atas informasinya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Your welcome bang Roftek
      Terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus