Biar Nggak Salah, Yuk Kenali Jenis Stiker Sebelum Membeli

jenis jenis stiker

Jenis stiker terdiri dari berbagai macam dan pada artikel kali ini unixcustom akan memberikan penjelasan selengkapnya mengenai jenis kertas stiker, terutama yang umum dipakai dan digunakan oleh pelaku usaha, organisasi, ataupun individu.

Stiker biasanya digunakan untuk dijadikan alat promosi yang dapat ditempelkan ke berbagai macam benda sesuai dengan kebutuhan dan tujuan serta isi dari pesan yang ada pada stiker tersebut. Karena sifatnya yang disesuaikan dengan kebutuhan tersebut, maka banyak munculnya beragam jenis stiker yang ditawarkan oleh penyedia layanan cetak stiker dimanapun sob, dari beragam jenis itu nanti kita bisa tau dech jenis bahan dan ketahanannya.

Well, kita mulai membahas mengenai apa saja jenis stiker yang banyak beredar di pasaran, dan bagaimana peng-aplikasian yang tepat untuk suatu jenis stiker tertentu sehingga bisa digunakan secara optimal.

Jenis-Jenis Stiker yang Banyak di Pasaran

1. Stiker Vinyl

kertas stiker vinyl

Stiker Vinyl merupakan jenis stiker yang paling umum digunakan dan memiliki banyak sekali varian yang bisa sobat unix pilih sesuai kebutuhan. Sesuai namanya, stiker Vinyl adalah stiker yang terbuat dari bahan Vinyl yang sangat tahan terhadap air dan memiliki kelenturan yang baik dibandingkan kertas HVS, sehingga cocok untuk dijadikan stiker outdoor sob (ditempel di luar ruangan).

Kelebihan Stiker Vinyl :

  • Tidak Mudah Luntur
  • Mudah Dirawat dan Dibersihkan
  • Cocok untuk Penggunaan Outdor
  • Penggunaan Jangka Panjang
Penggunaan stiker ini sangat bervariasi sob, cuma yang umum digunakan pada stiker ini untuk ditempelkan pada kaca mobil, banner, stiker untuk poster, dan beragam kebutuhan lainnya.

2. Stiker HVS

kertas stiker hvs

Selanjutnya jenis stiker yang juga umum digunakan oleh banyak orang adalah stiker kertas HVS sob. Sesuai dengan namanya tersebut, jenis stiker ini terbuat dari bahan kertas HVS namun dilapisi adhesif pada bagian belakangnya sehingga bisa direkatkan.

Umumnya stiker jenis ini banyak digunakan untuk stiker label yang ditempelkan di buku tulis, undangan, souvenir, kemasan, dan lain sebagainya, serta biaya produksinya jauh lebih murah dibandingkan dengan stiker vinyl.

Karena bahannya yang terbuat dari kertas HVS tersebut, stiker ini sangat rentan luntur apabila terkena air ataupun perubahan suhu yang ekstrim sob, dan juga akan mudah untuk memudar di kemudian hari. Jadi stiker ini nggak recommended dech untuk penggunaan jangka panjang.

3. Stiker Oracal

stiker oracal

Berikutnya ada Stiker Oracal sob, stiker yang merupakan salah satu jenis stiker outdoor yang umum digunakan untuk kebutuhan luar ruangan. Karena stiker ini memliki ketahanan ekstra apabila dibandingkan dengan stiker Vinyl.

Penggunaannya yang paling sering biasanya untuk cutting sticker pada motor, mobil, helm, dan lain sebagainya yang biasanya lebih mudah dilepas dan tidak terlalu meninggalkan bekas pada permukaan.

4. Stiker Chromo

kertas stiker chromo

Stiker Chromo adalah stiker yang terbuat dari bahan kertas yang dapat dengan sangat kuat menempel pada suatu permukaan sehingga akan sulit untuk dikelupas serta meninggalkan bekas sob.

Biaya produksinya yang murah, menjadikan jenis stiker ini cukup banyak digunakan, terutama untuk kebutuhan-kebutuhan di dalam ruangan, dan umum dipakai untuk mencetak logo usaha atau merek yang di bagi bagikan ke pelanggan atau calon pelanggan.

5. Stiker Foil

foil tape

Stiker Foil adalah stiker yang memiliki lapisan berkilau kilau layaknya logam sob, cenderung berwarna perak atau emas metalik. Stiker ini umumnya menggunakan bahan yang disebut dengan Polyflex, serta mulai semakin banyak dipakai sebagai salah satu alternatif teknik sablon kaos yang unik dan tahan lama.

6. Stiker Bontax

stiker bontac

Stiker Bontax merupakan sejenis stiker kertas HVS, namun mempunyai daya tahan yang jauh lebih baik sob. Makanya banyak digunakan untuk label industri, kemasan, dan lain sebagainya. Stiker ini juga bisa ditambahkan laminasi, seperti Glossy atau Doff pada permukaannya. Yah, sesuai dengan selera serta kebutuhan pemesan sih, kalau dilaminasi maka stiker ini memiliki daya rekat yang awet dan juga tahan lama yah sob.

7. Stiker Yupo

yupo tape

Stiker Yupo adalah stiker yang terbuat dari bahan plastik sintetik yang memiliki keawetan dan ketahanan yang sangat baik banget sob, sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan outdoor seperti stiker pengumuman, stiker label untuk informasi, stiker yang ditempatkan di area-area umum, dan lain sebagainya.

Bahan lem nya terbuat dari bahan akrilik permanen yang sangat kuat, anti air, serta anti pudar. Biasanya percetakan digital printing untuk cetak stiker ini hanya bisa dicetak dengan menggunakan tinta UV.

8. Stiker Scotchlite

schothclite

Stiker scotchlite ialah sejenis stiker reflektif yang pada permukaan warnanya dapat memantulkan cahaya warna, terutama pada saat terkena cahaya matahari ataupun lampu, sehingga dapat jelas terlihat di malam hari.

Penggunaan stiker ini bisa sobat unix temukan pada kendaraan-kendaraan pelayan publik semisal mobil polisi, ambulan, damkar, dan lain sebagainya, atau pada baju seragam teknisi penggalian jalan, tambang, marka jalan, dan masih banyak lagi sih sob.

9. Stiker Oneway

sticker oneway

Stiker One Way merupakan stiker yang terbuat dari bahan khusus dengan tekstur berlubang, jenis stiker ini hanya dapat dilihat dengan jelas dari satu sisi saja sob, tapi tidak untuk sisi lainnya.

Kegunaan yang paling utama dari jenis stiker ini adalah pada pemasangan branding di sebuah kaca mobil yang menutup seluruh permukaan sehingga akan dapat terlihat dengan jelas oleh pengendara lainnya, namun pengemudi atau mereka yang berada di dalam mobil tetap dapat melihat ke luar dengan jelas.

Selain di kaca mobil, stiker ini juga umum dijadikan hiasan pada kaca perkantoran atau tempat usaha sob, gunanya untuk mencegah pandangan dari luar melihat ke dalam sekaligus dapat memberikan informasi atau promosi produk bagi yang melihat dari luar.

10. Stiker Transparant

transparant tape

Stiker ini juga cukup umum digunakan pada kaca jendela mobil atau pada permukaan kaca lainnya sob, seperti kaca display pada toko ataupun kaca yang dijadikan pembatas ruangan pada perkantoran.

Nah sobat unix, sekarang sudah tau dong jenis stiker yang banyak beredar. Semoga penjelasan yang kami sampaikan mengenai jenis stiker yang ada di pasaran dapat membantu sobat untuk memutuskan dalam memilih jenis stiker apa yang akan sobat unix gunakan untuk kebutuhan serta bisa dijadikan referensi untuk kemudian hari.

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Biar Nggak Salah, Yuk Kenali Jenis Stiker Sebelum Membeli"