Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Sticker Vinyl Yang Jadi Favorit UMKM

contoh sticker vinyl

Hai sobat unix! Buat kalian yang ingin mencetak sticker vinyl untuk melengkapi consumable usaha. Wajib tau dulu nih, jenis kertas sticker vinyl hingga fakta uniknya dalam artikel ini.

Pada artikel sebelumya, saya juga pernah mengulas seputar ragam jenis sticker serta tips dalam memilih jenis sticker untuk kegunaannya. And than kali ini, saya akan membahas lebih detail tentang jenis sticker vinyl.

Karena banyak sobat UMKM unixcustom yang telah order sticker vinyl untuk label kemasan produknya, akan tetapi tidak semua paham karakteristik hingga keunggulan dari sticker vinyl.

Berikut 5 Jenis Sticker Vinyl Yang Jadi Favorit UMKM

Well, buat sobat unix yang belum tau. Sticker Vinyl itu terbagi menjadi 2 sub besar. Yaitu Heat Transfer Vinyl dan Adhesive Vinyl, kedua jenis ini memiliki beberapa jenis lagi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Heat Transfer Vinyl

Heat Transfer Vinyl atau HTV merupakan jenis stiker yang ditempel melalui proses penyaluran panas pada permukaan media dengan bantuan transfer paper. Biasanya HTV digunakan dalam metode digital printing untuk sablon kaos.

Adhesive Vinyl

Sementara Adhesive Vinyl merupakan jenis sticker yang biasa digunakan untuk percetakan digital dimana ada lapisan perekat (adhesive) dibagian belakang kertas yang mudah dilepas dan ditempelkan. Nah, Jenisnya pun terbagi lagi berdasarkan penggunaannya :

5 jenis sticker vinyl

1. Sticker Vinyl Glossy

Merupakan jenis sticker yang permukaannya terlihat mengkilap karena melalui proses laminasi glossy. Penggunaan sticker ini sangat cocok untuk jangka panjang, karena lebih tahan air dan cuaca.

2. Sticker Vinyl Doff/Matte

Dibandingkan yang Glossy, jenis sticker vinyl doff/matte ini justru permukaannya terlihat redup karena melalui proses laminasi doff. Plus dari sticker ini memiliki daya tarik alami yang lebih halus sehingga cocok digunakan untuk label kemasan kering.

3. Sticker Vinyl Putih

Sticker Vinyl Putih, sesuai namanya. Sticker dengan latar belakang putih ini merupakan jenis "sticker vinyl asli" sebelum melalui proses printing, cutting, maupun laminasi. Jadi sangat cocok digunakan untuk beragam kebutuhan dari wallsticker atau wallpaper, decal, hingga labeling.

4. Sticker Vinyl Transparan

Sticker jenis ini tidak memiliki warna, jadi permukaannya transparan atau bening. Cocok untuk memperlihatkan estetika isi produk tanpa harus tertutup semua. Semisal untul label produk minuman.

Umumnya mudah di lepas tanpa meninggalkan bekas perekat, yang berati kamu bisa menempelkan dimana saja dan kapan saja.

5. Sticker Vinyl Hologram

Dan yang terakhir adalah Sticker Vinyl Hologram, sticker jenis ini memiliki karakteristik chrome mirror holographic atau biasa dikenal sebagai laser chrome hologram. Sticker ini umumnya dirancang untuk penggunaan otomotive karena memiliki daya rekat dan daya tahan yang tinggi terhadap cuaca.

Akan tetapi, saya juga banyak menemukan pengaplikasian sticker vinyl hologram bukan saja untuk otomotive. Melainkan karya kreativtas lainnya.

Nah sobat unix! Itu tadi jenis-jenis sticker vinyl yang dibedakan berdasarkan kebutuhannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. Buat kamu yang ingin mencetak dan konsultasi tentang Design dan Printing untuk kebutuhan consumable usaha kamu. Silahkan hubungi dengan klik tombol button WA yang tertera di atas situs ini yah.

Deri WJ
Deri WJ Content Creator @unixcustom || Internet Marketer Enthusiast and Digital Printing

Posting Komentar untuk "5 Jenis Sticker Vinyl Yang Jadi Favorit UMKM"