Hmmm!...File Untuk Cetak Pakai Format Apa Ya?

file untuk cetak pakai format apa

Hai sobat unix, saya sering kali mendapat pertanyaan mengenai file untuk pencetakan menggunakan format apa ya?. Karena begitu banyak ektensi format file yang ada, memungkin sebagian customer unixcustom jadi bingung, file apa yang harus dikirim. And than, format apa yang paling bagus untuk dipilih saat ingin mencetak dan yang paling umum digunakan?

Saya pribadi, hanya merujuk pada tiga jenis file format yang biasanya digunakan untuk mencetak. Yaitu JPG, PNG, dan PDF dengan composite DPI dan CMYK yang sesuai. Lalu format file apa yang paling bagus digunakan saat ingin mencetak? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, saya akan membahas satu per satu format file PNG, JPG, dan PDF untuk sobat unix. Biar kamu nggak makin bingung, berikut pembahasannya.

PNG

Portable Network Graphics atau PNG adalah sebuah format file yang memang ditujukan untuk grafik seperti logo, teks, foto, dan piktografik. Kualitas PNG lebih tinggi dibandingkan JPG karena memang PNG belum mengalami proses kompresi, sehingga tidak mengurangi ukuran file dan mempertahankan detail gambar serta warna. Oleh karena itu, file dalam format PNG dapat digunakan, di edit, dan di simpan tanpa takut adanya penurunan kualitas.

JPG atau JPEG

Melansir dari situs shutterstock, bahwa format file JPG di kembangkan oleh Joint Photographics Export Group, dan dari situ pula nama JPG berasal. Bukan tanpa sebab sih sob, dikarenakan komputer zaman dahulu hanya memiliki batas karakter 3 pada setiap file, maka dinamakan JPG.

Tetapi saat ini nama JPEG lebih umum diketahui. Format file JPG memiliki kemampuan untuk dikompresi agar lebih kecil sehingga lebih mudah untuk  digunakan melalui internet. Oleh karena itu, saat sobat unix menggunakan format JPG pada situs web, maka halaman akan lebih cepat memuat sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya.

PDF

Portable Document Format atau PDF adalah sebuah format file standar untuk berbagai dokumen karena dapat meyimpan serta mentransfer berbagai jenis file melalui internet. PDF sendiri mempunyai kapasitas untuk menghasilkan file berbasis teks dan gambar yang tepat dan dikonversi dengan tingkat akurasi yang tinggi. Format file PDF memberikan jaminan bahwa file yang ada di dalamnya akan ditampilkan dengan benar dan sama diseluruh perangkat tanpa diubah.

Kesimpulan

Well, penggunaan masing-masing format file seperti JPG idealnya untuk posting gambar secara online, sementara PNG ideal untuk grafik, logo, dan ilustrasi. Sementara PDF ideal untuk dicetak, berdasarkan penjelasan tersebut sudah jelas format file apa yang paling baik digunakan saat mencetak, dan jawabannya adalah PDF.

Meski begitu, sobat unix juga perlu memperhatikan file awal sebelum diubah menjadi PDF ya. Sesuai yang sudah saya singgung di paragraf kedua. Semisal file awal yang kamu punya, merupakan file bebas dalam format PNG, JPG, atau yang lainnya sudah tersetting dengan DPI dan CMYK yang mumpuni, maka kalau kamu mau ubah ke dalam bentuk PDF, itu ngga jadi kendala ya sob.

Sebab, hal yang yang perlu diperhatikan sebelum di konversi dalam format PDF, adalah File Utama nya. Sehingga hasil cetak yang bagus tergantung juga dengan kualitas file yang ada di dalam PDF.

Jadi, kamu perlu memperhatikan palet warna apa yang digunakan. Ada dua palet warna yang sering kita temui, yaitu RGB dan CMYK. Dimana, palet warna yang digunakan untuk pencetakan adalah CMYK. So, pastikan palet warna yang digunakan sobat unix adalah palet warna CMYK.

Jika kamu masih bingung tentang composite DPI dan CMYK, kamu bisa mempercayakan unixcustom untuk kebutuhan cetak kamu. Team unixcustom akan membantu kamu mencetak kebutuhan pribadi, perusahan, promosi dan lainnya dengan kualitas terbaik. Kamu dapat menghubungi kami dengan klik icon WA di pojok atas kanan untuk pemesanan produk yang ingin kamu cetak.

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Hmmm!...File Untuk Cetak Pakai Format Apa Ya?"