Wajib Tau, Jenis Tinta Untuk Kebutuhan Cetak agar Hasil Sesuai Ekspektasi

Dunia Cetak, Printing atau Istilah Percetakan saat ini, sudah sangat berkembang pesat, dikarenakan banyaknya kebutuhan untuk skala usaha yang mulai makin bertumbuh dan lainnya. Mulai dari cetak Spanduk, Label, Walldecor, Document , atau Lainnya. Saat mencetak dokumen di percetakan atau digital printing, biasanya sobat tidak mengetahui jenis tinta apa yang digunakan oleh layanan tersebut. Salah satu bagian penting pada saat mencetak dokumen adalah mengetahui jenis tinta apa yang sobat unik butuhkan untuk mencetak.

jenis tinta

Apalagi jika sobat unik menyerahkan dokumen untuk di cetak pada layanan cetak digital printing, Disinilah sobat perlu tau jenis jenis tinta, karena di dunia percetakan sangatlah beragam. Mulai dari yang biasa, tahan air, tahan sinar matahari, dan lainnya. Maka dari itu sob, kamu perlu mengetahui jenis tinta serta fungsi dari masing-masing tinta tersebut.

Well, dibawah ini unixcustom akan menjelaskan macam dan jenis tinta yang banyak dipakai oleh percetakan pada umumnya.

Tinta DYE Base

Tinta ini terbuat dari bahan air dan colourant atau pewarna, karena salah satu bahan dasarnya adalah air sehingga sifatnya lebih cair dan kemungkinan mengendap pada printhead cartridge semakin kecil. Selain itu, sifat lain dari tinta ini adalah memiliki warna cerah jika dibandingkan dengan jenis tinta lain.

tinta inkjet dye base

Namun sayangnya, tinta ini cukup terbatas dalam mengaplikasikan di media sehingga hanya bisa mencetak di beberapa kertas seperti HVS, glossy paper, inkjet paper, canvas, sedangkan untuk kertas art paper seperti brosur atau kalender tinta ini tidak dapat digunakan. Hasil cetakannya pun dikenal tidak tahan lama serta mudah luntur bila terkena air, dan akan pudar pada waktunya. Tinta jenis ini biasanya di aplikasikan dan banyak kita temui pada printer rumahan atau kantor-kantor.

Tinta DYE UV Base

tinta inkjet base dye uv

Pada dasarnya tinta ini sama dengan jenis Tinta DYE Base, dimana bahan dasarnya adalah air. Hanya saja Tinta Dye Base Anti UV adalah Tinta Dye Based yang dilengkapi dengan formula Anti UV agar hasil cetakan lebih tahan pudar dibandingkan Tinta DYE Base.

Hasil cetaknya pun lebih solid daripada Tinta DYE Base, karena unixcustom pun telah memakai Tinta DYE UV Base ini sejak lama sebagai pengganti Tinta DYE Base yang dikeluarkan dari Pabrikan Printer. Tinta DYE UV base support pada jenis kertas : HVS, Inkjet Paper, Double Matte, Glossy Photo Paper, RC Glossy Paper, Transfer Paper, Kertas 3D, Kertas Buffalo, PVC ID Card.

Tinta Pigment (Durabrite)

tinta durabrite

Jenis Tinta Pigment merupakan tinta dengan kualitas tinggi berbahan dasar pigment. Tinta Pigment ini mampu mencetak dokumen dalam bentuk tulisan atau gambar dengan hasil yang sangat tajam, pekat, dan tahan air untuk jenis kertas seperti HVS, inkjet paper, photo paper, ataupun art paper.

Partikel kecil yang ada di dalam Tinta Pigment ini, akan menempel pada lapisan kertas serta tidak menyerap ke dalam kertas. Oleh karena itulah, tinta ini sering disebut sebagai tinta yang memiliki hasil tidak mudah pudar/luntur dalam jangka waktu lama. Karena tinta ini berbahan dasar pigment, jika penggunaan tinta ini tidak tepat (membiarkan printer untuk tidak mencetak), maka resikonya head / cartidge dapat tersumbat.

Tinta Art Paper

Jenis Tinta Art Paper merupakan tinta yang diformulasikan dari kandungan 50% air dan 50% minyak yang mampu membuat hasil cetakan pada media akan menempel dengan kuat. Sehingga jenis Tinta Art Paper bisa menghasilkan cetakan dengan warna yang tajam, cerah, cepat kering tanpa tambahan pemanas. Saat diaplikasikan pada media, jenis Tinta Art Paper ini tidak mudah luntur bila terkana air dan tidak pudar sekalipun terkena sinar matahari ataupun dalam jangka waktu yang lama.

tinta artpaper

Tidak heran jika Tinta Art Paper ini cocok digunakan untuk usaha cetak photo , cetak desain pada kertas transfer paper 3G Jet Opaque ( kebutuhan sablon kaos katun) dengan kualitas optimal dan bisa digunakan untuk mencetak dalam skala besar maupun kecil. Jadi, bisa juga diguanakan untuk mesin cetak digital juga. Jenis Tinta Art Paper ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper / ivory, photo paper, kertas PVC, sticker photo paper, premium glossy, art carton, dan yang lainnya.

Hanya saja, jenis Tinta Art Paper memiliki resiko yang sama seperti jenis Tinta Pigment, akan membuat head / cartidge printer mampet bila tidak digunakan dengan tepat. Serta tidak cocok digunakan pada kertas biasa seperti HVS, namun hasil akan terlihat optimal saat digunakan pada kertas Art Paper.

Tinta Sublim

tinta sublime

Tinta sublim merupakan zat warna yang tersuspensi dalam cairan pelarut seperti air. Gampangnya gini sob, tinta jenis ini digunakan untuk printer infus atau umum digunakan untuk mencetak bahan sablon seperti kaos, pin, mug, hingga topi. Jenis Tinta Sublim ini terbuat dari bahan diluent atau pengencer, pewarna, minyak, serta bahan lainnya yang membuatnya memiliki hasil cetak tahan lama.

Sesuai dengan fungsinya sob, yakni sablon (Sublim), dalam proses cetaknya jenis Tinta Sublim ini dicetak terlebih dahulu pada kertas transfer. Setelah itu, kertas transfer tadi di press diatas kain berbahan dasar polyester menggunakan mesin press panas pada suhu sekitar 180-210 derajat celcius.

Tinta Tekstil DTG

tinta dtg

Tinta tekstil atau lebih dikenal dengan tinta DTG (Direct To Garment) adalah tinta khusus yang digunakan untuk mencetak pada media tekstil seperti kaos melalui modifikasi printer DTG. Tinta jenis ini sangat ramah pada head printer DTG sehingga dapat digunakan untuk semua tipe printer DTG yang ada di pasaran.

Jenis Tinta DTG ini memiliki hasil cetakan yang tergolong tajam, cerah, halus, dan tahan luntur sehingga dapat dicetak ke semua jenis kain garment seperti kaos, jaket, baju, kain polyester, kain cotton combed, dan lainnya.

Tinta Solvent & Eco Solvent

Jenis Tinta solvent merupakan tinta yang berasal dari bahan campuran pigment dan resin. Agar tetap cair, biasanya tinta jenis ini ditambahkan pelarut ke dalam pigment dan resin tadi. Untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena memiliki ketahanan yang lebih lama terhadap air maupun sinar matahari dibanding jenis tinta lainnya sehingga tinta jenis ini lebih cocok digunakan untuk outdoor seperti spanduk, baliho, billboard.

tinta solvent

Untuk jenis Tinta Eco Solvent, prinsipnya berbeda dengan tinta solvent karena jenis bahan pelarutnya lebih ramah lingkungan dan baunya tidak terlalu menyengat dibanding dengan tinta solvent. Namun mengingat tinta ini kurang tahan dengan sinar matahari, maka tinta eco solvent banyak digunakan untuk indoor saja.

Tinta Latex

tinta latex

Jenis Tinta Latex merupakan tinta yang berbahan dasar air dan termasuk kedalam jenis tinta baru yang memiliki spesifikasi yang mirip dengan tinta solvent namun bedanya dengan tinta solvent, tinta latex tidak memakai komponen kimia yang berbahaya atau beracun sob.

Berbeda juga dengan tinta dye yang sama-sama berbahan dasar air, tinta latex sangat kuat dan mampu menempel pada beragam jenis media. Tinta ini juga mampu melapisi beberapa lapisan seperti pada vinyl.

Itulah jenis-jenis macam tinta yang bisa sobat unik pilih ketika kamu menggunakan layanan cetak digital atau di percetakan manapun. Salah satu layanan cetak yang bisa kamu gunakan adalah unixcustom. Disini kamu bisa mencetak kebutuhan dokumen kamu dengan berbagai jenis kertas, pastinya juga dengan berbagai jenis tinta. Setiap mesin printer memiliki karakteristik tertentu sehingga tidak semua printer bisa diisi oleh bermacam jenis tinta, jadi pastikan ketika kamu mencetak dokumen kamu di layanan cetak digital seperti unixcustom. Kamu memilih tinta sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi dokumen kamu yah sob.

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

2 komentar untuk "Wajib Tau, Jenis Tinta Untuk Kebutuhan Cetak agar Hasil Sesuai Ekspektasi"

Comment Author Avatar
kalau untuk mencetak di stiker pvc sebaiknya menggunakan tinta apa ya?
Comment Author Avatar
halo kak, semua balik lagi kegunaanya untuk apa. jika memang stiker tsb di peruntukkan outdoor bisa menggunakan tinta base solvent. namun jika stiker tsb tidak berada di outdoor, menggunakan tinta Artpaper pun sudah cukup.

"note : komentar yang melanggar aturan kami, tidak akan ditampilkan"