Cara Convert Dari RGB ke CMYK

RGB dan CMYK

Hai Sob! Sebuah desain dalam mode warna RGB yang harus dikonversikan menjadi CMYK saat akan menjalani proses cetak akan mengalami penurunan warna yang mengakibatkan warna menjadi redup dan tidak secerah sesuai dengan warna yang ditampilkan pada layar monitor (warna RGB ) sob.

Langkah yang harus dilakukan untuk menghindari hal seperti itu adalah sobat unix perlu memastikan terlebih dahulu desain yang dibuat tampil sesuai dengan warna yang diinginkan tetapi dalam format atau model warna CMYK, sesuai dengan format yang digunakan pada mesin percetakan ya sob.

Aplikasi atau software desain grafis menyediakan dua jenis pilihan model warna untuk merancang desain yang ingin dibuat yaitu antara RGB dan CMYK. Akan tetapi terdapat beberapa fungsi yang hanya bisa dijalankan pada model warna tertentu. Untuk memilih antara dua model warna RGB atau CMYK dapat dilakukan pada tampilan saat membuka dokumen baru. Namun apabila desain sudah terlanjur dibuat, mode warna masih dapat dikonversi nantinya.

Berikut langkah untuk mengkonversi warna model RGB dan CMYK pada Software Desain Grafis.

Cara Convert RGB ke CMYK via Adobe Photoshop

cara convert warna rgb ke cmyk

Untuk langkah mengkonversi warna RGB ke CMYK pada Adobe Photoshop sobat unix cukup seperti ini : Image > Mode > RGB / CMYK

Cara Convert RGB ke CMYK via Adobe Illustrator

cara convert warna rgb ke cmyk

Langkah lain untuk konversi warna RGB dan CMYK juga bisa melalui Adobe Illustrator. Caranya juga sangat mudah : File > Document Color Mode > RGB / CMYK Color

Cara Convert RGB ke CMYK via CorelDRAW

cara convert warna mode rgb ke cmyk

Dan untuk langkah konversi warna RGB ke CMYK pada CorelDRAW : Pilih objek pada gambar yang ingin dikonversi warnanya. Kemudian pilih Fill Tool dan klik Fill Color Dialog. Pastikan format warna yang terpilih adalah warna CMYK. Untuk objek garis/outline, lakukan langkah yang sama dengan pilih Outline Tool kemudian klik Outline Color Dialog dan pastikan mode warna CMYK yang dipilih. Atau dapat mengikuti langkah yang terdapat dalam gambar diatas.

Dan sobat unix mesti ingat juga, segala jenis desain harus dibuat dengan hati-hati agar mendapatkan hasil yang maksimal, apalagi jika desain akan digunakan untuk mencetak dalam format ukuran besar seperti Banner. Dimana kesalahan akan terlihat secara jelas yang dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap manfaat Banner tersebut.

Oleh karena itu penting banget untuk memahami perbedaan RGB dan CMYK agar tidak terjadi kesalahan atau hasil cetak yang tidak sesuai. Dan cara untuk mengkonversi mode warna RGB ke CMYK adalah yang sangat tepat agar sesuai dengan format mesin percetakan. Semoga artikel tentang informasi ini bisa menjadi informasi yang berguna untuk sobat unix yang ingin mencetak di percetakan ataupun digital printing.


Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Cara Convert Dari RGB ke CMYK"