Tips Meningkatkan Kualitas Desain Cetak Menggunakan Canva

cara meningkatkan kualitas desain cetak menggunakan Canva

Hai Sob! Dalam era digital saat ini, desain grafis telah menjadi bagian penting dari banyak aspek kehidupan kita. Baik itu untuk keperluan bisnis, pemasaran, atau kebutuhan pribadi. Menghasilkan desain yang menarik dan berkualitas tinggi merupakan kunci kesuksesan juga lho.

Salah satu alat desain yang populer saat ini adalah Canva, platform desain grafis online yang dapat membantu pengguna dengan berbagai kemampuan desain. Pada artikel sebelumnya, saya pun telah membahas Canva atau Photoshop sebagai alat pengolah desain grafis untuk non-desainer.

Dan di kesempatan kali ini, saya akan membahas tips untuk mendesain dengan Canva agar menghasilkan cetakan yang berkualitas tinggi. Karna tidak sedikit dari customer unixcustom, yang memberikan file cetak hasil dari canva, namun kualitasnya masih beresiko pecah saat di cetak.

Berikut Tips Meningkatkan Kualitas Desain dengan Canva

1. Menentukan Ukuran yang Tepat


Langkah pertama yang penting dalam mendesain di Canva adalah memilih ukuran yang sesuai untuk cetakan sobat unix. Canva menawarkan berbagai pilihan ukuran standar untuk poster, brosur, undangan, atau jenis cetakan lainnya. Pastikan kamu memilih ukuran yang sesuai dengan tujuan cetakan dan pastikan ukuran tersebut sesuai dengan spesifikasi yang diminta oleh percetakan ya sob.

2. Gunakan Resolusi Tinggi


Penting juga untuk menggunakan gambar dengan resolusi tinggi dalam desain sobat unix, agar hasil cetakan terlihat jelas dan tajam. Pastikan gambar kamu yang di gunakan memiliki resolusi minimal 300 dpi (dots per inch) untuk cetakan yang berkualitas tinggi. Canva juga memungkinkan untuk mengunggah gambar yang ingin kamu pakai dengan resolusi tinggi atau memanfaatkan koleksi gambar resolusi tinggi yang tersedia di platform canva tsb.

3. Pilih Font yang Mudah Dibaca


Salah satu yang krusial juga ketika mendesain, ialah pemilihan teks di Canva, penting untuk kamu memilih font yang mudah dibaca ya sob. Pastikan ukuran dan jenis font yang kamu pilih sesuai dengan konten yang ingin disampaikan. Hindari juga font yang terlalu kecil atau terlalu rumit, karena ini dapat menyulitkan pembaca dalam membaca teks pada cetakan.

4. Gunakan Warna yang Tepat


Pemilihan warna yang tepat adalah kunci untuk menciptakan desain cetakan yang menarik. Gunakanlah palet warna yang cocok dengan merek atau tema desain kamu. Jaga agar warna latar belakang dan teks memiliki kontras yang cukup agar mudah dibaca. Selain itu, pastikan juga menggunakan warna dengan mode pewarnaan CMYK yang sesuai untuk mencapai hasil cetakan yang akurat.

5. Pertimbangkan Margin dan Bleed


Margin dan bleed (pelebaran) adalah elemen penting dalam desain cetakan. Margin adalah area kosong di sekitar tepi desain yang memungkinkan cetakan tetap rapi saat dipotong. Sementara itu, bleed adalah area yang meluas di luar batas desain yang memastikan tidak ada tepi putih yang muncul saat cetakan dipotong. Pastikan kamu menyesuaikan margin dan bleed dalam desain Canva sesuai dengan spesifikasi percetakan.

6. Gunakan Template yang Tersedia


Kalau kamu merasa bingung mau design apa, kamu tinggal pakai template aja sob. Canva menyediakan berbagai template desain yang siap pakai untuk berbagai jenis cetakan. Sehingga mempercepat proses desain kamu dan memastikan tata letak yang baik. Sesuaikan juga template sesuai dengan kebutuhan kamu, dan tambahkan elemen atau perubahan desain yang diperlukan agar sesuai dengan visi sobat unix.

Kesimpulan

Canva adalah alat desain grafis yang kuat dan mudah digunakan untuk menghasilkan desain cetakan yang berkualitas tinggi. Dengan memperhatikan ukuran yang tepat, resolusi gambar yang tinggi, pemilihan font yang mudah dibaca, warna yang tepat, margin dan bleed yang sesuai, serta memanfaatkan template yang tersedia, kamu dapat meningkatkan kualitas desain cetakan dengan Canva.

Gimana sob, mudahkan ? jadi buat kamu yang urgent dan operator desain percetakan kamu lagi banyak job, kamu bisa mendesain secara mandiri deh. Namun kamu harus tetep memperhatikan point di atas, jika kamu masih ragu. kamu bisa menanyakan kepada operator percetekan setempat, apakah hasil desain kamu ketika naik cetak tidak pecah.

Atau kamu bisa berkonsultasi dan mencetak kebutuhan mu dengan jasa percetakan unixcustom. Karena, ketika unixcustom mendapat file untuk kebutuhan cetak, team kami akan melakukan profing lebih dulu untuk memberi konfirmasi bahwa file bisa naik cetak atau tidak.

Sehingga kamu bisa mempercayakan unixcustom untuk kebutuhan cetak kamu. Team unixcustom akan membantu kamu mencetak kebutuhan pribadi, perusahan, promosi dan lainnya dengan kualitas terbaik. Kamu dapat menghubungi kami dengan klik icon WA di pojok atas kanan untuk pemesanan produk yang ingin kamu cetak.

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Tips Meningkatkan Kualitas Desain Cetak Menggunakan Canva"