Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Buang Dulu, Kamu Bisa Dapat Cuan dari Kardus Bekas

kardus bekas

Sobat unix pasti nggak asing lagi dengan benda yang satu ini kan! Yaps, Kardus. Siapa sangka sob, kardus alias benda yang sering dibuang ini bisa dimanfaatkan menjadi barang berguna bahkan awet, murah, dan mudah dikreasikan. Selain itu, sobat unix juga bisa bergerak dalam pengolahan limbah satu ini. Nggak hanya itu aja sob, dengan mengubah sampah kardus ini menjadi barang yang lebih bermanfaat, kardus juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Kalau sobat tau teknik yang digunakan, sobat bakal bisa dech membuka usaha kerajinan dari kardus bekas. Seperti alumni dari ITS Surabaya yang menciptakan DusDukDuk ("ini gue lagi gak endors mereka yah"), pointnya sih cuma mengutip story mereka. Biar sobat unix kenal dengan mereka, sebab siapa sangka sob, kardus bekas bisa disulap oleh mereka menjadi sebuah produk berharga dengan nilai jutaan rupiah. Melalui mereka lah kita bisa mencontoh bahwa kreativitas untuk dapat cuan dari kardus bekas, bisa kita dapatkan. Yah, asalkan kita tidak pernah putus asa, dan pastinya nggak gengsian sob.

Nah, sebelum kita membahas jenis kerajinan dari kardus, ada baiknya sobat unix lebih dahulu menyimak jenis kardus yang bisa digunakan untuk ide DIY (Do it Yourself). Yang merupakan suatu kegiatan membuat sebuah barang menggunakan usaha dan bahan-bahan sendiri, kalau di kaitkan kedalam bahasa Indonesia-nya, kegiatan ini sama saja dengan kerajinan tangan.

Come back ke masalah Jenis Kardus yang bisa dijadikan Kerajinan Tangan, Yuk Simak sob ;

Single Face

Jenis kardus yang pertama ini, merupakan kardus yang hanya memiliki satu lapisan, yaitu hanya lapisan gelombang aja sob. Sehingga menyebabkan kardus tersebut tidak kuat untuk digunakan sebagai pengiriman barang. Sebab, kardus dengan jenis ini sangat lentur sekali, biasanya sih kardus ini hanya digunakan sebagai pelindung pada gelas, piring, dan barang yang lainnya.

Single Wall

Berbeda dengan yang sebelumnya sob, kardus dengan jenis single wall ini memiliki tiga lapisan, yakni lapisan atas punya bentuk terdiri dari atas yang datar, lapisan tengah yang membentuk gelombang, dan pada lapisan terakhir memiliki bentuk sama seperti atas dengan bentuk datar. Jenis kardus ini biasanya digunakan untuk distribusi pengiriman, dan biasanya digunakan sebagai bungkus barang seperti barang elektronik, mainan, minuman, serta makanan sob.

Double Wall

Bahan kardus double wall ini merupakan bahan yang terdiri dari tujuh lapisan lho sob! yaitu dua pada bagian atas, kemudian lapisan gelombang, dan yang tengah lapisan datar, kemudian lapisan bergelombang lagi, dan yang terakhir dua lapisan datar pada bagian bawah. Kardus double wall memiliki ukuran ketebalan mencapai 7 mm. Dan kardus dengan jenis ini biasanya digunakan sebagai wadah atau tempat suatu barang yang akan dikirim ke kawasan lokal atau pengiriman ke kawasan yang jauh semisalnya antar provinsi gitu. Karena memiliki bahan yang cukup tebal dan kuat, sehingga kardus dengan jenis ini sangat bagus digunakan untuk pengiriman barang jauh.

Triple Wall

Kardus jenis ini memiliki lapisan yang lebih banyak lagi sob, yakni 10 lapis. Diantaranya adalah lapisan datar, lapisan bergelombang, lapisan yang tersusun secara berurutan dan teratur. Kardus tipe tripel wall ini memiliki ketebalan 10 mm. Bahan kardus jenis triple wall merupakan jenis kardus yang digunakan sebagai alat pengemas barang-barang ekspor yang dikirim ke luar negeri. Sebab jenis kardus ini sangat kuat dan bagus untuk pengiriman jarak jauh.

Macam-macam Kerajinan dari Kardus Bekas yang Bisa Jadi Cuan

Hiasan Lampu dari Kardus

lampu dari kardus

Jika kebanyakan lampu kerajinan terbuat dari besi, kayu, bahkan botol atau sendok bekas. Ternyata sob, kerajinan lampu juga bisa dibuat hanya berbahan dasar dari kardus bekas aja. Desainnya pun nggak kalah menarik dari lampu yang aslinya, ada yang model gantung ataupun stand. Selain itu, bobotnya pun lebih ringan dan cara membuatnya nggak rumit seperti hasilnya, sobat unix bisa kok mencobanya.

Miniatur Berbagai Macam Bentuk dari Kardus

Pernahkah sobat melihat miniatur dari kardus? Kerajinan miniatur dari kardus bekas juga banyak diminati kalangan, karena setiap market konsumennya beda-beda, ada suka miniatur tentang gadget, properti, kendaraan, dll. Menurut laman wikipedia, miniatur adalah suatu tiruan sebuah objek seperti tempat, bangunan, makanan, dan objek lainnya yang dapat dilihat dari segala arah atau biasa disebut benda 3 dimensi.

miniatur kardus

Seni miniatur sendiri ialah seni yang memadukan berbagai unsur rupa, menduplikat suatu obyek yang ukurannya dikecilkan dari ukuran yang sebenarnya. Untuk saat ini, miniatur biasanya dibuat untuk suatu pameran atau acara kesenian yang membutuhkan sebuah peragaan. Makanya market konsumen ini sangat luas sob, jadi kalo sobat unix membuat karya miniatur ini, peluangnya masih besar. Selain membuat miniatur dari kardus bekas dengan berbagai macam bentuk yang bisa mendapatkan cuan, kegiatan ini merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan lho, karena kegiatan ini juga dapat melatih kreativitas otak sob.

Maket Bangunan Arsitektur dari Kardus

maket bangunan dari kardus

Maket Bangunan Arsitektur atau biasa dikenal dengan Rancangan bangunan, kerajinan ini juuga bisa menghasilkan cuan yang lumayan lho sob. Apalagi kalo sobat membuatnya berasal dari bahan kardus bekas, jadi ga butuh banyak modal kan sob. Selebihnya tinggal menambahkan komponen bahan yang berasal dari kombinasi berbagai macam bahan. Maket bangunan pun merupakan salah satu karya/tugas yang banyak dibuat terutama oleh anak yang bersekolah di jurusan arsitektur, bahkan bisa juga untuk demo dari sebuah proyek pembangunan perumahan atau apartemen. Karena kebutalan saya pernah melihat pameran yang terdapat maket dari kardus sob.

Boneka Danbo

Siapa yang nggak kenal boneka danbo? Boneka yang sangat populer di kalangan anak muda dan tetap eksis sampai sekarang, biasanya boneka danbo digunakan untuk penghias, sebuah model foto, caption kata-kata bijak maupun percintaan.

boneka danbo

Boneka danbo mempunyai sebuah ciri khas yaitu memiliki sebuah bentuk kotak seluruh bagian badannya. Pembuatan boneka danbo ini ada beberapa cara dan bahan, yaitu menggunakan kayu yang di potong kotak atau bisa menggunakan kardus dan kertas karton yang di bentuk kotak.

Furniture dari Kardus

furniture yang terbuat dari kardus

Awalnya mungkin nggak nyangka sob, ada furniture seperti ini!!! But, yang membuat tidak biasa ialah furniture dari kardus ini cukup kuat untuk digunakan layaknya furniture pada umumnya, sebab sudah dibuktikan sendiri oleh karya buatan Anak Negeri yaitu DusDukDuk sementara dari orang luar ada Chairigami yang didirikan oleh Zach Rotholz. Dan untuk desainnya pun sangat beragam serta fleksibel sob. Di desain dengan metode lipatan dan sambungan kertas, furniture dari kardus ini cukup mudah di buat dan di rangkai sendiri.

Gimana sobat unix! Mau Coba? Memang banyak sih ide kreatif kerajinan tangan dari barang bekas, salah satunya kerajinan tangan dari kardus di atas yang merupakan salah satu kerajinan yang banyak diminati, karena bahan dan cara pembuatanya mudah, pokoknya oke juga lah dijadikan sebagai contoh peluang usaha yang bagus.

4 komentar untuk "Jangan Buang Dulu, Kamu Bisa Dapat Cuan dari Kardus Bekas"

  1. Keren mas, mbak...? Sangat inspiratif tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh, senang dech rasanya jika artikel kami dapat bermanfaat :) ... Thanks for visit and sukses selalu untuk kak Jati

      Hapus
  2. Ternyata kardus bekas banyak mamfaatnya ya mas,harus dicoba nih buat tambahan jajan.Mkasi infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, tergantung bagaimana kita mengkreasikan. Selamat mencoba kak Fajr, semoga berhasil dan sukses selalu. Thanks for visit :)

      Hapus