Mudah Banget ! Ini Cara Membersihkan Semua Jenis Case HP

cara membersihkan casing hp

Di masa pandemi virus korona seperti sekarang ini, kita diharuskan sering membersihkan diri dan benda-benda yang sering kita pakai, tidak terkecuali HP yang setiap saat kita pegang dan digunakan sehari-hari. Hal tersebut wajib kita lakukan, karena HP yang sering kita gunakan bisa saja dihinggapi banyak kuman dan virus. Bahkan HP bisa membawa 10 kali lebih banyak kuman dibanding dudukan toilet.

Di tengah merebaknya wabah virus corona, membersihkan HP tentu sudah sering dianjurkan. Tapi jangan lupa untuk membersihkan casing yang melindungi ponsel juga yah. Baik itu casing yang terbuat dari silicon, kulit, plastik, atau kayu. Semua memiliki metode pembersihannya sendiri agar tidak merusak bahan dari casingnya, berikut minux (admin unix) akan memberikan tips atau cara membersihkan semua jenis casing HP.

Membersihkan Case Berbahan Plastik

Virus korona bisa saja bertahan di permukaan plastik hingga sembilan hari jika tidak segera dibersihkan. Jadi untuk kalian yang menggunakan casing berbahan plastik keras harus membersihkannya dengan rutin dan benar yah. Tapi untungnya plastik merupakan material yang cukup kuat, jadi bisa dibersihkan dengan pembersih yang sedikit keras seperti sabun pemutih.

Untuk membersihkan casing ponsel plastik, siapkan pemutih, air, spons/kain/sikat gigi, dan sarung tangan. Pemutih bisa membuat kulit dan paru-paru iritasi, jadi gunakan sarung tangan dan buka jendela agar sirkulasi udara optimal.

Campur satu sendok makan pemutih ke dalam satu cangkir air. Rendam casing di dalam larutan tersebut selama 5-10 menit. Jika casing kalian memiliki noda yang membandel bisa direndam lebih lama. Gosok casing sobat unix menggunakan spons atau kain untuk menghilangkan semua kotoran dan noda. Jika ada area yang susah dicapai bisa gunakan sikat gigi.

Bilas casing secara menyeluruh untuk menghilangkan larutan pemutih. Keringkan menggunakan handuk atau tisu lalu angin-anginkan selama 30 menit sebelum dipasang kembali. Tapi jika sobat unix merasa tidak nyaman menggunkan pemutih, bisa gunakan instruksi untuk membersihkan casing silikon di bawah ini.

Membersihkan Case Berbahan Karet dan Silikon

Karet dan silikon termasuk material yang lebih rapuh dibanding plastik keras, jadi sobat unix harus menggunakan pembersih yang lebih lembut. Bisa menggunakan sabun cuci piring, tapi jika ingin sekalian menghilangkan noda dan warna kekuningan bisa gunakan baking soda setelahnya. Sebelum mulai, siapkan sabun pencuci piring, air, spons/kain/sikat gigi dan baking soda (opsional). Larutkan sabun ke mangkok berisi air hangat lalu aduk.

Rendam spons atau kain ke dalam larutan tersebut dan gunakan untuk menggosok casing. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Opsional: jika noda dan kotoran masih belum terangkat, taburkan baking soda di atas casing dan gosok menggunakan sikat gigi basah.

Bilas casing dengan menyeluruh hingga bebas dari sabun dan baking soda. Lap hingga kering menggunakan haduk atau tisu lalu keringkan selama 30 menit sebelum dipasang kembali. Perlu diingat, jangan rebus casing silikon atau dimasukkan ke dishwasher layaknya peralatan masak yang terbuat dari silikon. Cara ini bisa membuat ukuran casing jadi menyusut.

Membersihkan Case Berbahan Kayu

Cairan tertentu bisa merusak kayu atau lapisan kayu. Tapi cara berikut cukup aman untuk sobat unix gunakan dalam membersihkan semua jenis casing kayu. Nah... untuk metode ini, sobat unix butuh air, cuka, botol semprot dan kain. Isi botol semprot dengan dua bagian air dan satu bagian cuka, lalu kocok hingga rata.

Semprotkan larutan ke casing, lalu usap menggunakan kain yang sedikit basah. Usahakan sobat unix jangan semprotkan terlalu banyak larutan cuka ke casing. Lap menggunakan tisu atau kain kering untuk menghilangkan sisa larutan di casing.

Membersihkan Case Berbahan Kulit

Kulit merupakan material yang paling rapuh di antara semua jenis casing. Casing ini sensitif terhadap minyak, cahaya matahari, panas dan kelembaban. Untuk membersihkannya, sobat unix bisa menggunakan pembersih kulit untuk membersihkan casing jenis ini. Tapi jika tidak memiliki pembersih kulit, metode ini merupakan alternatif yang lebih mudah dan murah. Tapi inget sob...!! bahwa kulit bisa sedikit berubah warna setelah proses pembersihan.

Sebelum mulai siapkan air hangat, sabun cuci tangan yang lembut dan kain. Campur air hangat dan sabun cuci tangan di dalam mangkok. Gunakan insting untuk menentukan proporsinya yah (hehehe, jangan kebanyakan biar ga mubazir).

Jangan langsung usapkan larutan tersebut ke casing karena kulit sangat sensitif dengan noda dari air. Celupkan kain ke dalam larutan lalu peras hingga terasa sedikit basah. Gunakan kain yang lembab tersebut untuk mengusap casing hingga bersih. Keringkan menggunakan kain bersih dan kering atau tisu untuk menghilangkan sisa air.

Nah demikian artikel kali ini sob, semoga bisa bermanfaat bagi sobat unix yang lagi kebingungan untuk membersihkan jenis case yang sedang di pakai. Atau sobat unix lagi dilema cara memilih case HP yang sesuai kebutuhan, klik tautan ini aja "memilih casing HP yang sesuai"

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

10 komentar untuk "Mudah Banget ! Ini Cara Membersihkan Semua Jenis Case HP"

Comment Author Avatar
Terimakasih infonya ,tak coba langsung bersihkan case di handphone ku.
Comment Author Avatar
Mantap Kak... Terimakasih atas kunjungannya :)
Comment Author Avatar
Bisa dipraktikkan niih
Comment Author Avatar
Bisa dung, silahkan di praktikkan yah kak
Ditunggu juga lho orderan nya... :)
Comment Author Avatar
Wahh ternyata mudah sekali untuk membersihkan case.. terimakasih untuk informasinya gan.. sangat membantu sekali..
Comment Author Avatar
Sama-sama kak, Terimakasih atas kunjungannya :)
Ditunggu juga orderannya nih, hehehe...
Comment Author Avatar
Lama cari artikel yg begini krn bingung bersihin case gmn. Sangat bermanfaat sekali.
Comment Author Avatar
Lama cari artikel yg begini krn bingung bersihin case gmn. Sangat bermanfaat sekali.
Comment Author Avatar
Terimakasih atas kunjungannya, seneng rasanya artikel kami bisa bermanfaat, jangan lupa untuk bantu di share ya kak

"note : komentar yang melanggar aturan kami, tidak akan ditampilkan"