Laminasi Glossy dan Doff ? Kenali Perbedaannya

laminasi glossy dan laminasi doff

Hai Sob! Sedikit cerita dari beberapa konsumen unixcustom ketika ingin mencetak, mereka bingung mana yang lebih bagus. Sebab, ada beberapa produk dari unixcustom yang kami berikan opsi untuk di bagian finishing agar hasil cetak lebih maksimal.

Opsi pilihan tersebut mungkin sudah ada yang tak asing, tapi sebagian orang mungkin ada yang merasa asing. Dimana opsi tersebut adalah Laminasi Glossy atau Doff, bagaimana perbedaannya? Simak artikel berikut untuk mengenali perbedaannya.

Di artikel sebelumnya, saya pernah mengulas singkat apa itu Laminasi. Berikut ini saya bahas kembali secara detail mengenai perbedaan laminasi glossy dan doff. Sehingga nantinya, sobat unix dapat menyesuaikan opsi finishing apa yang tepat untuk kebutuhan kamu.

Perlu sobat ketahui, laminasi ialah proses pelapisan terhadap media kertas atau karton pada kedua sisinya dengan efek mengkilat dan tidak. Walaupun, sebagian ada yang mengatakan laminasi merupakan kegiatan memperbaiki atau restorasi fisik arsip konvensional yang rusak. Namun, tujuan utamanya ialah sama. Yaitu untuk melindungi media yang dilapisi tersebut, menggunakan lapisan tipis (plastik/stiker polos).

Sobat unix pernah menemukan ada kertas yang mengkilau dan juga terlihat biasa bukan? Hal tersebut lah yang dipengaruhi oleh laminasi yang dipakai oleh percetakan. Dan ada dua jenis laminasi yang sering digunakan dalam sebuah percetakan, yaitu laminasi glossy dan doff. Keduanya sangat berbeda bahkan dari hasil cetakannya saja akan dapat mengetahui perbedaan kedua jenis laminasi.

Perbedaan Laminasi Glossy dan Doff

Adanya beberapa laminasi yang ada harus diketahui oleh sobat agar pada saat membuat Undangan, Kartu Nama atau lainnya kamu bisa menentukan laminasi apa yang cocok untuk dipergunakan. Perbedaan laminasi glossy dan doff bisa di ketahui pada berikut ini.

Laminasi Glossy

Stiker laminasi glossy menghasilkan cetakan yang berkilau, karena dapat memantulkan cahaya yang banyak. Permukaan kertas yang telah dilaminasi glossy menghasilkan permukaan yang licin sehingga warna terlihat terang dan bagus.

Biasanya laminasi glossy ini bisa dipakai untuk pembuatan kartu nama, undangan, brosur, leafleat dan poster. Kesan glossy yang ditimbulkan membuat hasil cetakan semakin mewah nan elegant.

Laminasi glossy banyak dijumpai pada percetakan foto inject. Karna pada waktu melakukan pencetakan foto atau apapun secara tidak langsung tidak boleh memegangnya. Tujuannya agar hasil cetakan tidak mengalami kerusakan.

Laminasi Doff

Kebalikan dari laminasi glossy, laminasi doff yaitu, karakter yang paling menonjol adalah memiliki efek cetakan yang tidak berkilau atau tidak terlalu memantulkan cahaya. Permukaan cetakan dari hasil laminasi Doff memiliki permukaan yang halus.

Laminasi ini juga bisa dipakai untuk pembuatan kartu nama, booklet dan undangan pernikahan. Meski laminasi ini tidak semewah dengan glossy tetapi tetap saja hasil cetakannya sangat bagus. Bila kamu menggunakan laminasi jenis untuk mencetak kartu nama, maka kartu tersebut nampak terlihat lebih eklusif dan bagus. Itulah keistimewaan laminasi doff walau sederhana tetapi tetap menghasilkan cetakan yang mewah.

Bagaimana sobat unix, setelah membaca perbedaan antara kedua jenis laminasi tersebut? Sangat berbeda sekali kan! bahkan perbedaan tersebut terlihat menonjol. Memilih laminasi yang bagus dan baik juga tergantung kepada kebutuhannya.

Penggunaan Laminasi Glossy dan Doff

Ada tata cara yang harus diperhatikan saat menggunakan laminasi glossy dan doff. Tujuannya agar hasil cetakan semakin bagus dan tidak ada kekurangan apapun. Berikut ini yang harus kamu ketahui tentang penggunaanya sob:

  • Dalam membuat Cover buku sebaiknya menggunakan laminasi Glossy untuk hasil yang maksimal. Dengan menggunakan Glossy cover dapat dengan mudah di tekuk. Bila sobat menggunakan Doff, cover tetap dapat di tekuk namun lama kelamaan akan timbul goresan pecahan pada area laminasi.
  • Sebaiknya laminasi Doff digunakan pada undangan, foto dan amplop. Hal ini karena laminasi ini memiliki efek untuk menahan goresan dan membuat hasil cetakan tidak menimbulkan pantulan cahaya.
  • Sobat dapat menggunakan laminasi Glossy pada kedua sisi cetakan. Dengan begitu warna pada cetakan menjadi lebih pekat dan tidak ada lekukan.

Fungsi Penggunaan Laminasi Glossy dan Doff

Fungsi utama laminasi adalah untuk memberikan daya tahan lebih pada suatu produk cetak seperti sertifikat, kartu nama dan lainnya. Laminasi memberikan manfaat pada produk cetak agar warna tinta cetak tetap tajam dalam waktu yang lama.

Adapun penggunaan laminasi mampu membuat produk cetak menjadi lebih tahan terhadap air dan tampilan kertas menjadi lebih menarik.

Selain kedua jenis laminasi diatas ada 2 jenis laminasi lainnya seperti laminasi Satin yang mirip dengan lapisan Glossy yang memiliki tampilan warna cerah dan tajam dan laminasi Dull yang tidak begitu mengkilap namun mirip dengan Glossy dan Matte.

So, sekian pembahasan mengenai perbedaan antara laminasi glossy dan doff. Pilihlah laminasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dalam mencetak sebuah project, seperti cetak kartu nama, poster, buku menu restoran, undangan pernikahan, x-banner dan lainnya. Penggunaan laminasi Glossy dan Doff dengan benar akan menghasilkan project cetak yang sempurna.

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Laminasi Glossy dan Doff ? Kenali Perbedaannya"