Pahami Dulu Sebelum Order! Ini, Beda Undangan Blanko & Undangan Custom

 Bagi kamu yang dalam waktu dekat akan mencetak undangan pernikahan atau undangan lainnya, ada perlunya menyimak pembahasan berikut ini sob. Sebab, saya akan membahas tentang perbedaan undangan blangko dan undangan custom.

Banyak sekali konsumen unix custom yang masih bingung mengenai beda undangan blanko dan undangan custom. Secara singkat, undangan blanko itu undangan yang sudah siap cetak dan cukup menyiapkan kata-kata / kalimatnya saja, karena desain undangannya sendiri sudah ada.

Jenis undangan blanko ini merupakan jenis yang sudah dicetak terlebih dahulu secara masal oleh pabrikan yang di pesan secara partai oleh percetakan besar. Maka, ngga heran jika jenis undangan ini memiliki pilihan warna terbatas sob.

Dan semua tampilan undangan blanko ini bisa dilihat secara langsung baik itu dari jenis kertas, ukuran kertas, maupun ornament pada undangan blanko itu sob.

Sedangkan undangan custom itu, undangan yang dibuat dari awal. Mulai dari bikin konsep, desain, setting, pemilihan kertas, cetak, sampai finishing. Jadi undangan custom lebih diuntungkan karena customer bisa menerapkan keinginannya.

Nah, beda lagi dengan blanko yang sudah di sediakan ornamentnya / motif design, serta jenis kertas undangannya. Sehingga, konsumen ngga bisa tuh request untuk merubah desainnya walaupun hanya sekedar merubah warna.

"Well, sobat unix. itu dari segi cetak dan proses. Bagaimana dari segi harga?"

Tentu aja sangat berbeda. Undangan custom jauh lebih mahal dibandingkan dengan undangan blanko. Namanya juga custom ( permintaan ), jadi sudah jelas yang namanya custom atau sesuai pesanan itu pasti lebih mahal dibandingkan dengan produk jadi.

Biasanya harga undangan custom itu ditentukan dari jumlah cetak. Jadi, makin banyak jumlah cetaknya makin murah harganya. Ini berlaku juga di unix custom yang lebih mengutamakan undangan custom design.

Namun sobat unix ngga perlu khawatir dengan harga undangan custom dari kami. Sebab unix custom sudah membuat ratusan motif design undangan yang di padukan dengan jenis kertas glitter.

Dari penggabungan itulah, unix custom merealese undangan custom paling murah yang berkelas mewah seperti undangan Vintage Series. Sehingga sobat unix custom tidak akan kebingungan lagi untuk mendapatkan jenis undangan murah berkelas.

Setelah membahas beda undangan blanko dan custom. Sekarang, saya akan jabarkan kelebihan dan kekurang antara undangan blanko dan undangan custom. Walau point utama dari rumus percetakan tentang keunggulan itu sebenarnya sama, semakin banyak jumlah yang dicetak, maka harga semakin murah.

Kelebihan Undangan Blanko

  • Blanko undangan diproduksi secara masal, oleh sebabnya, harga perlembarnya relatif lebih murah dibandingkan dengan undangan custom.
  • Walaupun harga perlembarnya relatif murah, namun variasinya cukup banyak di dalam satu lembar undangan tersebut. Konsumen bisa mendapatkan cetakan emboss dan poly dengan harga yang lebih murah ketimbang mencetak undangan custom.
  • Harganya tidak terlalu terpengaruh oleh kuantiti sedikit atau banyak.
  • Kualitas cetaknya cukup baik dan rapih.
  • Bentuk desain dan variasinya selalu diperbaharui, sehingga tidak bosan untuk tetap digunakan.

Kekurangan Undangan Blanko

  • Dikarenakan produksinya masal, blanko undangan jadi terlihat pasaran.
  • Dari berbagai bentuk dan ukurannya, tidak semua bisa dicetak dengan menggunakan jenis tinta atau mesin cetak, bahkan terkadang harus ada yang di sablon.
  • Persediaannya sewaktu-waktu bisa habis kapan saja.
  • Desain menggunakan background kurang bagus jika dicetak di atas kertas blanko undangan.
  • Hanya mengandalkan bahan kertas, tidak sebanyak variasi bahan lain seperti undangan custom.

Kelebihan Undangan Custom

  • Desain Dari Percetakan

Konsumen akan disuguhkan sebuah pilihan desain yang disediakan oleh pihak percetakan, jadi konsepnya hanya tinggal memilih desain yang di inginkan. Di sisi lain, proses undangan custom ini terbilang lumayan lama, mungkin sekitar 7-14 hari sudah siap diedarkan.

Sementara, untuk harganya sendiri tentu lebih mahal dari undangan blangko, karena dihitung dari jenis kertas undangannya, banyaknya warna tinta serta ukuran kertas yang akan dicetak, semakin banyak undangan yang dipesan maka harganya lebih murah.

  • Desain Custom Made dari Client

Hampir sama dengan Undangan Blanko, yang membedakannya hanyalah desain Undangan Custom bisa menggunakan desain khusus yang dipesan dari konsumen.

Jadi, konsumen bisa menentukan desain undangan pernikahan sesuai dengan apa yang dinginkan, baik itu jenis kertas, warna, ukuran kertas, hiasan dan bahan lainnya, lalu desain tersebut akan dikerjakan oleh desainer percetakan untuk dicetak.

Selain itu, konsumen juga dapat memesan undangan custom secara full color dan memakai foto prewedding ke dalam undangan tersebut secara full tanpa perlu crop foto.

Undangan Custom Made akan memakan waktu pengerjaan yang cukup lama, sebab undangan ini tergantung dari keinginan client sampai merasa pas. Selain itu dari segi harga bisa dibilang mahal, namun sama seperti undangan blanko. Jika memesan banyak, harga akan menjadi lebih murah.

Maybe, kesimpulan dari kedua jenis undangan ini memiliki kelebihan dan kekurangan, masing-masing nggak jauh beda. Akan tetapi, semua balik lagi dengan kebutuhan sobat unix yang ingin menggunakan undangan blanko atau undangan custom.

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Pahami Dulu Sebelum Order! Ini, Beda Undangan Blanko & Undangan Custom"