Mau Cetak Undangan? Ketahui Dulu Jenis Kertas Undangan

kertas undangan

Hi sob! Kebanyakan orang yang ingin membuat undangan pernikahan biasanya menyerahkan semua kepada pihak percetakan bukan?. Padahal, sobat unix dapat meminta jenis kertas undangan apa yang akan digunakan jika mengetahui jenis-jenis kertas undangan.

Akan tetapi, sobat unik perlu tau, bahwa layanan cetak undangan yang bisa dan mau menerima permintaan untuk ganti jenis kertas undangan ialah layanan cetak undangan custom, dan biasanya akan ada sedikit perubahan harga pada undangan tsb.

Untuk perubahan harganyapun relatif, bisa naik atau juga turun. Tergantung jenis kertas undangan yang sobat inginkan. Tentunya, agar bisa memastikan hasil undangan tersebut wort it atau tidak di aplikasikan dengan jenis kertas undangan lainnya, sobat mesti mengetahui jenis-jenis Kertas Undangan yang dapat digunakan.

1. Kertas Art Paper

Jenis kertas undangan seperti ini memiliki permukaan yang halus dan memiliki efek glossy. Selain dapat dibuat menjadi undangan, jenis kertas yang satu ini biasa digunakan untuk pembuatan kalender gantung.

Namun berbeda dalam pembuatan undangan, biasanya jenis kertas art paper ini dijadikan pelapis luar atau dalam hard cover dari undangan, tapi dapat juga digunakan untuk isi undangan tersebut. Hasil undangan dengan jenis kertas ini akan lebih terlihat mewah jika dilaminasi dengan doff, glossy, atau UV.

2. Kertas Jasmine

Jenis kertas undangan yang satu ini, merupakan jenis kertas yang sering unix custom gunakan. Sebab jenis kertas ini memiliki tekstur gliter, sehingga hasil undangan akan terkesan mewah karena efek gliter yang ada pada permukaan kertas jasmine tersebut. Biasanya, tidak banyak percetakan yang membuat undangan menggunakan kertas jasmine. Sebab, jenis kertas yang satu ini tidak dapat langsung melalui proses pencetakan, terkecuali menggunakan teknik emboss atau deboss.

Karena jenis kertas jasmine ini memang cenderung sulit menyerap tinta, maka tidak direkomendasikan untuk langsung melalui proses packing / memasukan kedalam plastik, karena kertas jasmine ini pada dasarnya membutuhkan sedikit waktu lebih lama untuk proses pengeringan. Jadi biasanya, ketika menggunakan jenis kertas Jasmine, percetakan akan lebih dulu mendiamkan agar tinta bisa mengering dan menyerap, barulah di packing dengan plastik.

3. Kertas Art Carton

Jenis kertas yang satu ini, sama dengan art paper hanya saja yang membedakan adalah gramaturnya. Jenis kertas undangan art carton cenderung lebih tebal ketimbang art paper. Biasanya penggunaan art carton ini cenderung untuk product tag dan sejenisnya. Namun tidak jarang beberapa orang memilih art carton ini untuk dijadikan sebagai kertas pembuatan undangan.

4. Kertas Ivory

Merupakan jenis kertas undangan yang memadukan antara art paper, art carton, dan matt paper. Jenis kertas yang satu ini sangat bagus jika dipadukan dengan desain yang unik. Untuk itu, sangat cocok untuk dijadikan undangan pernikahan, dan tentunya dengan menampilkan desain yang unik.

5. Kertas Matte Paper

Jenis kertas undangan yang satu ini, jika dilihat secara sekilas akan memiliki persamaan dengan art paper, namun jika dilihat lebih jelas jenis kertas yang satu ini memiliki perbedaan. Matt paper tidak memiliki warna yang glossy, dan lebih cepat menyerap tinta. Untuk itu jenis kertas yang satu ini lebih sering digunakan untuk membuat undangan pernikahan.

Itulah jenis-jenis kertas undangan yang harus sobat unix perlu ketahui sebelum pergi ke percetakan untuk membuat undangan. Jika sobat unix mencari percetakan tapi tidak memiliki banyak waktu untuk meninggalkan kantor atau rumah, sobat dapat melakukan cetak online di unixcustom.com. Dan dapat menentukan desain undangan seperti apa yang ingin digunakan. Selain itu, dapat juga memesan jenis kertas undangan yang ingin digunakan beserta ukuran yang diperlukan.


Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Mau Cetak Undangan? Ketahui Dulu Jenis Kertas Undangan"