Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia, Cara Mudah Merawat Kaos Yang Benar

cara merawat kaos

Selain praktis, kaos merupakan perihal yang paling tepat untuk dipakai membalut badan selama seharian. Sebab itu kaos telah menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari dan menjadi kebutuhan primer.

Semakin berkembangnya dunia fashion dan kreatifitas, kini model kaos pun beragam designnya. Bahkan nih, saking pengen kaos itu gak terlihat pasaran banget, banyak sobat unix yang mempunyai kaos custom sendiri. Dan saking sukanya pada kaos tersebut, kadang pula memperlakukannya dengan sangat baik sekali sob.

Yah, meskipun pada akhirnya kaos akan termakan usia, tapi ada lho sob cara agar kaos tetap terlihat sebagus baru meskipun sudah lama di miliki. Berikut ini kami sajikan untuk sobat unix yang ingin men-treat / merawat kaos dengan baik.

Berikut Cara Mudah Merawat Kaos

1. Perhatikan Petunjuk / Panduan pada Label Kaos

images on uzone

Yang paling sering adalah kita lalai dan mengabaikan petunjuk pemakaian yang ada pada label kaos. Padahal justru itulah yang terpenting sob. Biasanya label kaos terdapat di bagian leher atau pinggang. Label tersebut pun biasanya terisi oleh instruksi berupa logo dan gambar yang mudah sobat pahami. Then, what are you waiting for? Cek dulu panduan pada kaos distro gih.

2. Pemilihan Kaos Disaat Mencuci

Ini sangat penting sob, kebanyakan dari sobat unix pasti punya kebiasaan mencuci semua pakaian dalam satu tempat kan? Mulai saat ini, hindari dech sob melakukan hal itu. Sebab jika kaos tersebut bercampur malah dapat membuat kotoran yang ada saling berpindah ke kaos-kaos yang lain.

images on riviewBL

Jadi inget ya sob, sobat perlu pisahkan antara kaos putih dengan kaos yang berwarna lain. Terutama dengan kaos berwarna kuat seperti merah, hijau dan biru. Dari situ, sobat unix bisa meminimalisir resiko pakaian terkena kotoran dan cairan warna lain. Sehingga warna aslinya tetap merekat seperti sedia kala. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah kemungkinan warna kaos yang luntur.

3. Bersihkan Langsung Saat Terkena Noda

Photo by Raja V (on unsplash)

Aktifitas sobat yang dinamis kadang membuat nggak sadar akan noda yang menempel pada kaos. Biasanya noda tersebut kerap menjumpai kaos yang berasal dari noda makanan, kendaraan maupun kotoran jalanan seperti genangan air.

Untuk mencegahnya menjadi noda yang membandel dan sulit dibersihkan, sobat mesti lekas bersihkan dengan air atau pembersih yang ada. Hal ini dilakukan supaya noda tersebut lebih mudah dihilangkan saat pencucian nanti. Daripada membiarkannya menempel dan menunggu untuk dicuci, yang ada malah jadi sulit dibersihkan dan merusak kaos tsb.

4. Jangan Merendam Kaos Terlalu Lama

images on idntimes

Pada saat mencuci kaos, usahakan nih, sobat nggak merendamnya lebih dari 30 menit. Bahkan sobat nggak perlu dech merendamnya bila dirasa tak ada noda yang membandel. Tapi jika sobat bersikukuh ingin rendam kaos dengan dalih memberikan pewangi atau pembersih sekalipun, cukup lakukan selama 20-20 menit dan jangan lebih yah sob.

5. Jauhkan Kaos dari Pemutih Pakaian

Photo by Tetiana Shyshkina (on unsplash)

Sobat juga mesti tau nih, bahan pemutih pakaian itu mengandung zat kimia yang sangat kuat dan bersifat seleksi unsur. Sehingga bakal mencabut noda apapun yang menempel pada serat.

Jadi jangan pernah menggunakan pemutih pakaian pada kaos. Karena memang pemutih pakaian adalah bahan yang tidak dibutuhkan, kecuali pada kaos putih. Pokoknya cairan pemutih pakaian tidak direkomendasikan penggunaannya pada kaos berwarna.

6. Jangan Menyikat Kalau Tidak Diperlukan

images on pinterest

Nah, perihal cara mencuci kaos, sobat unix hanya boleh melakukan sikatan jika memang noda susah dibersihkan dengan kucekan halus. Sekiranya sobat masih bisa dengan menggunakan kucekan tangan, sebaiknya kucek aja dulu sob. Pasalnya sikat hanya akan merusak bahan kaos jadi longgar dan brudul, jadi mudah rusak deh. Sayang kan sama kaos nya kalo rusak? setelah itu baru...

7. Peras Kaos dengan Penuh Perasaan

images on BukaLapak

Ini nih sob, bukan cuma hati doang yang perlu perasaan. Perihal memeras, memelintir, bahkan menarik pakaian sebelum dijemur tentu menjadi hal wajib. Fungsinya biar air yang menyerap pada kain kaos dapat keluar terlebih dahulu.

Dengan demikian tentu proses pengeringan ketika dijemur akan lebih mudah sob! Tapi sobat unix harus inget juga, hindari perasan pada bagian sablon, karena itu bakal merusak atau memecahkan gambar pada kaos. Ngerti kan sob?

8. Masuk Kebagian Penjemuran

Photo by Skitterphoto (on pixabay)

Setelah dibilas, jemur kaos dengan posisi bagian dalam berada di luar. Sebab teriknya sinar matahari dapat mengakibatkan warna kaos kesayangan jadi memudar.

Hindari penggunaan hanger saat menjemur kaos sob. Hal ini dapat membuat leher kaos jadi melar karena sering ditarik saat memasukkan kerah ke dalam hanger. Bukan cuma karena itu aja, ketika dalam posisi basah, beban air yang turun ke bawah akan membuat kaos jadi longgar dan ketarik.

Oh iya sob, biasanya kadang kita suka bingung bila musim penghujan tiba, sebab jemuran tak kunjung kering bukan? Tenang sob, perihal menjemur disaat musim penghujan datang sobat bisa melakukan dengan tips jemur pakaian saat musim hujan agar kaos tetap awet

9. Tips Tambahan: Jangan Pakai Kaos Saat Tidur

images on jawapos

Mungkin ini terdengar konyol, tapi ini realita sob. Sering kita alami, aktivitas yang berat membuat kita malas untuk mengganti kaos dengan pakaian tidur. Akibatnya kaos pun jadi cepat rusak dan “memble”. Bukan cuma itu doang, karena pada saat tidur tanpa disadari keringat yang keluar dari tubuh kita kadang membuat kaos menjadi lebih kotor. Yahh itu baru keringet sob, belum lagi iler yang mengecap dan suka ditempelin ke kaos, hahaha.

Jadi baiknya gunakan piyama aja dech sob, yah kalo sobat nggak ada piyama pakai aja kaos dalam atau kaos tidur.

10. Tips Tambahan: Kurangi Pemakaian

images on uc.ac.id

Apabila kaos kesayangan sobat ingin selalu tampil bagus, sebaiknya sobat kurangi pemakainya. Cukup sobat unix kenakan di saat momen penting atau ketika ada hal yang spesial aja yah sob.

Nah itu tadi keselurah Cara Mudah Merawat Kaos yang Benar dan Baik. Berhubung sekarang sobat unix sudah tahu cara memperlakukan kaos, harap dijaga baik-baik ya? Inget, pacarmu yang nggak dirawat aja bisa jadi kumel sob...apalagi kaos, hehehe

Posting Komentar untuk "Ini Dia, Cara Mudah Merawat Kaos Yang Benar"