Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Cepat Kering ? Ini Tips Jemur Pakaian Saat Musim Hujan

tips menjemur pakaian agar cepat kering

Hi Sob! Sepertinya akhir-akhir ini intensitas hujan agak lumayan tinggi deh, sesuai Prediksi yang dikutip dari laman BMKG bahwa wilayah Bekasi dan sekitarnya dalam beberapa pekan mendatang akan rutin diguyur hujan. Nah ketika musim hujan tiba seperti saat ini, salah satu yang jadi pekerjaan rumah adalah pakaian setelah dicuci. Minimnya matahari kerap membuat pakaian menjadi bau apek.

Munculnya aroma apek akan terjadi jika pakaian dipaksa disetrika ketika belum kering seutuhnya. Nah sobat unix, berikut tips menjemur pakaian di musim hujan agar cepat kering. Sebagian cara ini sudah di coba dan berhasil lho.

1. Genggam Perasan Baju dengan Kuat

Jika sobat unix mencuci secara manual atau tidak memakai mesin cuci, coba memerasnya berulang kali. Lakukan perasan sekuat mungkin terhadap baju yang ingin dijemur supaya cepat kering. Proses perasan berulang-ulang akan membuat sedikit demi sedikit air yang ada di baju hilang.

images on idntimes

Oh ya, sobat juga bisa mencampur handuk kering untuk memeras baju yang baru dicuci untuk menyerap sisa air. Pertama, ambil handuk kering dan taruh di atas cucian yang baru dicuci dalam mesin cuci, lalu pilih tombol untuk mengeringkan. Atau bisa juga dengan merentangkannya di atas handuk lalu mengggulungnya. Handuk akan menyerap kelembapan dan mencegahnya diserap kembali ke dalam pakaian.

2. Menggunakan Pengering Mesin Cuci

Nah setelah cara pertama selesai, sobat bisa menggunakan pengering mesin cuci. Tapi sob, ada baiknya menggunakan kekuatan dengan mode normal dan lebih lama . Supaya kadar air di pakaian sobat benar-benar tersisa sedikit. Sobat, juga mesti memprioritaskan pakaian yang bener urgent aja sob. Semisal seragam kerja, sebab nggak semua bahan pakaian itu bertahan lama kalo dikeringkan dengan mesin cuci. Alih-alih ingin semua pakian sobat kering, eh malah pada brudul.

images on bp-guide

Pokoknya, prioritaskan beberapa baju penting atau baju yang harus segera kering dibanding yang lain sob. Letakkan pakaian tersebut di dekat yang lebih banyak sirkulasi udaranya. Kemudian pilih dan pisahkan pula pakaian berdasarkan jenis kainnya.

Semisal kainnya tipis dan mudah kering, lalu kain tebal, dan bahan jeans yang sekiranya tidak harus dicuci setiap saat.

3. Menggunakan Hair Dryer

images on fimela

Tips menjemur pakaian agar cepat kering selanjutnya ialah menggunakan bantuan hair dryer atau alat pengering rambut. Cara ini sebaiknya sobat aplikasikan juga pada baju-baju yang penting, seperti seragam atau baju kerja saja, supaya menghemat listrik.

Oh iya sob, pengaplikasian ini membutuhkan waktu luang yah. Hair dryer yang menghasilkan angin panas dijamin dapat membantu pakaian sobat menjadi cepat kering.

4. Menggunakan Setrika

Setelah sobat unix mencoba pemanas listrik dengan bantuan hair dryer, kali ini sobat bisa menggunakan setrika sebagai pemanas elektrik. Tapi sobat mesti pastiin bahwa cara yang ini hanya diperuntukkan untuk jenis kain tertentu, seperti rayon, katun, twistcone, dan seruti.

images on arribadesign

Sobat bisa menyetrika bagian-bagian lipatan seperti ketiak, lipatan saku, kerah kemeja, dan saku celana yang kadang belum kering sempurna. Nah, jika sudah cukup kering, jangan lupa sob! semprotkan pewangi supaya mengurangi bau apek.

5. Memanfaatkan Kipas Angin

Tips menjemur pakaian agar cepat kering di saat musim hujan yang berikutnya yaitu menggunakan kipas angin sob. Gunakanlah kipas dengan mode gerak sedang aja, supaya pakaian tidak berantakan terbawa angin kencang.

images on brilio

Bagi sobat unix yang rumahnya memiliki kipas angin langit-langit. Beruntunglah sob, sobat bisa menggunakan untuk menjemur pakaian. Bantuan angin semilir dari kipas angin langit-langit dapat mengeringkan pakaian lebih cepat.

7. Jarak Jemur Harus Renggang

Tips jemur pakaian agar cepat kering di musim hujan selanjutnya ialah meletakkan setiap pakaian sobat dengan jarak yang renggang. Ini dimaksudkan supaya ada udara yang masuk mengisi rongga-rongga pakaian.

Sebab menurut metode pribadi, sirkulasi udara yang baik, apalagi dibantu dengan kipas angin akan mempercepat jemuran lekas kering sob.

8. Jemur Dekat Pintu dan Lemari Kayu

Tips jemur pakaian agar cepat kering yang terakhir nih sob, ini dipercaya oleh sebagian banyak orang bahwa kusen kayu mampu mensiasatinya. Gantung pakaian di dekat pintu kayu dan lemari kayu agar dapat meminimalisir kadar air di pakaian.

Cara ini akan lebih efisien lagi jika dijemur di kamar sobat yang memiliki angin jendela dan bantuan kipas angin. Letakkan pula garam di pojok atau sudut ruangan untuk menjaga kelembaban.

9. Menggunakan Pewangi Pakaian

Tips tambahan Menjemur pakaian ketika musim hujan pasti akan meletakkannya di gantungan dalam rumah. Nah, sobat pastikan bahwa sebelumnya, pakaian yang telah dicuci dengan detergen lalu dilanjutkan lagi dengan memberi pewangi pakaian, baru dech sob dijemur

images on freepik

Karena kalau hanya menggunakan detergen aja, biasanya menimbulkan bau apek sob, lagipula aroma detergen tidak bisa bertahan. Penggunaan pewangi akan meminimalisir bau apek yang berlebihan ketika dijemur berdempetan dengan baju lain. Jika sobat unix nggak punya atau nggak suka dengan pewangi pakaian, yah gunakan aja detergen yang 2 in 1 untuk memberikan unsur halus pada pakaian dan efek cepat kering.

Yaps, itulah beberapa tips menjemur pakaian agar cepat kering di musim hujan yang bisa sobat unix praktekkan di rumah. Sangat mudah dan praktis demi menjaga kualitas pakaian bukan?. Selamat mencoba sob...

Posting Komentar untuk "Mau Cepat Kering ? Ini Tips Jemur Pakaian Saat Musim Hujan"