Gampang Banget! Begini Cara Membuat Amplop Lebaran ( Free Desain Amplop Lebaran Lucu dan Unik, Tinggal Print )

cara buat amplop lebaran di word

Nggak kerasa nih sob, beberapa hari lagi kita akan berada di Hari Kemenangan. Kali ini saya akan share tips yang bermanfaat bahkan bisa bikin sobat unix bercuan (lumayan kan buat nambahin jajan es cendol dawet untuk menu buka puasa). Karena sebentar lagi kita akan memasuki moment hari kemenangan atau lebaran pasti banyak juga dari sobat unix yang akan mendapatkan angpao / amplop lebaran dari om ataupun tante kalian.

Ehh, tapi kalau untuk seumuran saya, bukannya dapat amplop lagi kan? Tapi udah saatnya ngasih ke keponakan-keponakan. Nah Mengingat akan tradisi ini, pastinya kita butuh amplop yang lucu dan unik buat naruh cuan (rupiah) yang bisa di kasih ke keponakan.

Nah, buat sobat unix yang nggak kepengin beli amplop / angpau dengan alasan apapun, sekarang kalian bisa nih buat sendiri. Dan kabar baiknya, saya akan share template amplop lebaran nya. Cara membuat Amplop Lebaran ini mudah kok sob, kalian cukup input desain amplop lebaran lalu tinggal print di mircrosoft word dech.

ByTheWay, desain amplop lebaran yang saya share ini juga terdapat file PSD nya. Jadi kalau sobat unix yang udah familiar menggunakan Photoshop, bisa tuh edit dan nambahin ucapan ucapan hari raya idul fitri. Tapi buat sobat unix yang belum familiar, ga usah khawatir sob! Sesuai yang saya katakan di atas, desain amplop lebaran ini bisa tinggal print di word dan pastinya desain amplop lebaran 2022 ini umumnya nggak monoton kaya hubungan kamu dan mantan (eh, canda mantan). 

Well, daripada kebanyakan nyimak cerita saya, Yukk kita siapin alat dan bahan untuk membuat amplop lebaran yang tinggal di print aja melalui word. Alatnya sangat sederhana banget ko sob, yaitu:

  • PC / Laptop (untuk yang belum ada, bisa ngeprint di warnet terdekat) 
  • Kertas (kalo saya pakai kertas HVS 80gsm, sebab ini juga udah worth it banget kok)
  • Gunting / Cutter (intinya alat potong yang sobat bisa pegang)
  • Lem / DoubleTip (kalo saya pakainya lem, biar lebih praktis aja)

Berikut langkah Gampang Cara Membuat Amplop Lebaran Unik Bertema Idul Fitri

Oh iya Sobat Unix, untuk kertasnya kamu bisa menyesuaikan. Caranya juga sedikit akan saya perjelas dengan gambar. Biar makin gampang di pahami (jangan kaya doi yang mau nya dipahami mulu, peka dong!).

#1 Pertama persiapkan semua peralatannya (yang sudah disebutkan diatas), kertas yang dipakai bisa kertas A4/F4 yang sudah diprint dengan desain amplopnya. Desain amplopnya, sobat bisa unduh di penghujung artikel. Karena nanti saya akan jelaskan cara print di word dengan hasil cetakan yang high qualyty.

#2 Langakah kedua, kertas yang sudah memiliki pola dari desainnya, silahkan sobat unix gunting menyesuaikan polanya.

#3 Langkah ketiga, pahami polanya ya sob, teliti kembali setiap lipatan untuk dibuat lekukan amplopnya. Lalu lipat kertas amplopnya dan cocokan dari tiap-tiap lipatan supaya terpasang.

#4 Next Step, sobat tinggal Rekatkan dengan Lem / DoubleTip

#5 Tarraang.. Jadi dech Amplop Lebarannya, tinggal masukin cuan / uangnya. Gampang banget kan?

Next, Cara Membuat Amplop Lebaran Tinggal Print di Word

Sesuai yang saya katakan di atas, maka saya akan penuhi janji itu. Cara Membuat Amplop Lebaran di Microsoft Word. Eeits, tapi yang dimaksud bukan cara buat desainnya yah, melainkan cara setting untuk print. Karena di atas kan udah dijelasin langkah buatnya.

#1 Pertama, sobat unix dipersilahkan unduh desain atau gambar amplop lebaran yang sudah saya berikan melalui link google Drive di postingan artikel ini. Well, kalau dirasa design yang di sediakan kurang menarik. Sobat bisa menggunakan Twibbon Hari Raya Idul Fitri 1443H yang bisa sobat cek di artikel kami sebelumnya.

#2 Kedua, Jika desain gambarnya sudah di download, Selanjutnya sobat harus membuka Microsoft Word (bisa pake Versi Apa aja). Lalu masukan desain amplop lebaran yang tadi di unduh (tinggal drag/geser aja dari folder ke word). Atur posisi gambar agar tetap menjadi 1 halaman "biar lebih menghemat, 1 kertas jadi 2 amplop"

#3 Setting Kualitas Cetak, untuk setting agar mendapatkan hasil print yang berkualitas high. Sobat unix bisa atur di print properties setelah itu akan muncul main properties dan pilih Quality High. Setelah itu kamu bisa Klik print dech, dengan settingan seperti ini maka kualitas warna gambar akan lebih keluar.

Gimana Sobat Unik! Gampang Banget kan Cara Membuat Amplop Lebaran yang Lucu dan Unik, nah biar nanti amplop rapi, pastikan saat amplop sudah di isi uang THR untuk keponakan, lalu amplop sudah ditutup, baru sobat unix bisa merekatkan dengan staples/isolasi bening/doubleTip.

Tapi jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa membeli amplop lebaran ini di unix custom yang desainnya bisa sobat request sesuai permintaan. Ataupun mau beli secara online di seller lain juga bisa, karena memang udah banyak juga yang jual.

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Gampang Banget! Begini Cara Membuat Amplop Lebaran ( Free Desain Amplop Lebaran Lucu dan Unik, Tinggal Print )"