Mengenal Bahan Akrilik, Kreasinya Gak Kalah Stylish dan Modern

bahan akrilik, kreasi dari akrilik

Sobat unix sadar atau enggak nih, sekarang udah makin banyak lho produk yang menggunakan bahan baku akrilik. Ada yang dibentuk menjadi sebuah souvenir custom, ada yang bisa sobat pakai untuk mencetak foto dan tulisan. Ada pula yang dibentuk menjadi produk custom furniture.

Well, ngebahas soal akrilik, sebelumnya sobat udah tahu belum bahan akrilik? Serta bisa dipakai untuk jadi apa aja sih akrilik nya? Mungkin banyak dari sobat unix yang familiar dengan istilah cat akrilik yang dipakai dalam teknik pewarnaan untuk lukis, tapi akrilik yang dimaksud saat ini adalah akrilik lembaran plastik yang menyerupai kaca. Umumnya biasa digunakan sebagai material pembuat furnitur atau bahan bangunan.

Nggak seperti kaca, akrilik punya bobot yang sangat ringan dan ketahanannya bisa dibilang kuat sob. Sifatnya yang lentur membuat akrilik nggak gampang pecah dan mudah untuk dipotong ataupun dilubangi dengan bor. Biarpun begitu, kejernihannya akrilik pun hampir sama dengan kaca. Kejernihan inilah yang membuat banyak pengrajin pernak pernik dekorasi memilih bahan dari akrilik agar hasilnya tampil stylish dan tetap modern.

Menurut sumber wikipedia, Akrilik pertama kali diperkenalkan ke pasaran pada tahun 1928 oleh perusahaan bernama Rohm dan Haas Company sob. Salah satu kelebihan bahan akrilik adalah kemampuannya dalam bereaksi terhadap panas. Akrilik dapat berubah menjadi bahan cair pada titik suhu panas 160 derajat, kemudian mencair, dan dapat dicetak/dibentuk kembali. Hal inilah sob, yang bertolak belakang dengan bahan plastik termoset ketika dipanaskan.

Kreasi Bahan Akrilik yang Stylish dan Modern

1. Plakat Akrilik

Akrilik selain bisa dibentuk menjadi benda kecil, dapat dibuat menjadi benda yang berukuran cukup besar dengan pinggiran yang tebal sob. Selain itu akrilik bisa diukir serta dipotong sedemikian rupa agar mampu menghasilkan sebuah kepingan yang sempurna, salah satunya Plakat.

plakat dari bahan akrilik

Plakat umumnya digunakan sebagai sebuah cinderamata atau penghargaan kepada orang yang telah berjasa di perusahaan, organisasi, atau juga orang yang membagi ilmunya dalam kegiatan seminar, workshop, atau talkshow.

Selain itu plakat custom berbahan akrilik juga bisa sobat gunakan sebagai media untuk mencetak foto, tulisan kenang-kenangan, dan lainnya dech.

2. Bingkai Foto Akrilik

frame foto akrilik

Bingkai foto akrilik nggak sekedar stylish sob, bentuk transparansi dari akrilik juga bisa memberikan tampilan efek melayang pada foto atau artwork yang sobat pajang di sana. Cara membingkainya sama seperti membingkai foto pada pigura biasa, sobat unix hanya perlu mengganti dua lapis kaca yang digunakan untuk mengapit foto dengan dua lembar akrilik. Dan lagi, bingkai foto akrilik ini jauh lebih aman dan ringan sehingga mudah untuk ditata dan dipindah-pindah.

3. Kalender dari Akrilik

bahan akrilik kalender

Tampilan akrilik yang transparan dan bersifat plastik, membuatnya bisa berfungsi seperti whiteboard atau papan tulis. Dengan begitu sobat unix bisa bebas menulis di kalendar atau schedule board dari akrilik dengan mudah dan bisa menghapusnya kembali. Sobat unix bisa meletakkannya di dekat meja kerja.

4. Rak Tanaman Hias Akrilik

rak tanaman dari bahan akrilik

Rak akrilik juga termasuk salah satu ide kerajinan yang terbilang cukup mampu memberikan kesan yang memukau. Kerajinan rak akrilik ini yang cocok ditaruh dengan berdekatan jendela kerna nantinya akan mampu memberikan kesan yang memukau.

Biasanya rak akrilik ini sangat cocok digunakan untuk sebagai tempat tanaman seperti kusulen, kaktus, dan bunga-bunga lainnya. Sebenarnya banyak sekali manfaat dari kerajinan rak akrilik ini ya, salah satunya yang sudah di jelaskan seperti diatas.

Untuk contoh lain yang dapat dimanfaatkan dari bahan akrilik, yakni dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan lampu akrilik, kerajinan akrilik LED, kerajinan bunga akrilik, gantungan kunci akrilik (ganci) dan masih banyak lagi.

Gimana sob, Stylish dan Modern kan? Kreasi dari akrilik ini juga nggak kalah kece dan keren dari pernik dekorasi lain yang biasa sobat beli.

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Mengenal Bahan Akrilik, Kreasinya Gak Kalah Stylish dan Modern"