Apa Itu Tumbler ! Berikut Pengertian dan Sejarahnya

pengertian dan sejarah tumbler

Ditahun ini, hampir di seluruh dunia tengah disibukkan oleh virus covid-19 atau corona. Dampak dari virus tersebut tidak hanya menyerang pada kesehatan setiap individu semata, lebih dari itu Ia berdampak pada setiap sendi kehidupan mulai dari ekonomi sampai dengan psikologi.

Akibat dari ganasnya penyebaran virus tersebut, timbullah sebuah gerakan yang disebut dengan “new normal” atau dalam bahasa Indonesia ialah kebiasaan baru. Hal itu meliputi pola kehidupan yang berbasis pada pola hidup sehat, rajin mencuci tangan, memakai masker setiap keluar ruangan, dan menjaga jarak.

Dalam pola hidup sehat di era new normal itu, kita pun dihimbau untuk banyak meminum air putih. Dengan begitu cairan tubuh akan terpenuhi, dan kita pun akan selalu fit ketika beraktivitas. Agar selalu bisa terhidrasi dan minum kapan saja, tentu kita harus membawa tumbler.

Apa itu tumbler?

Saat ini banyak sobat unix mengartikan tumbler sebagai botol tempat minuman, bahkan ada yang mengartikan termos kecil karena ada jenis tumbler yang bisa menyimpan suhu minuman panas atau dingin. dibandingkan gelas. Padahal pengertian tumbler sebenarnya adalah gelas minum atau gelas yang tidak memiliki pegangan atau gagang serta biasanya dilengkapi dengan tutup gelas.

Menurut kanalpengetahuan.com, istilah tumbler muncul di abad ke 17 pada pesta adat Eropa untuk menyebut gelas dengan bagian bawah yang cembung atau lancip sehingga gelas tersebut harus dipegang. Jika tumbler tersebut diletakkan maka akan terguling dan air menjadi tumpah karena tidak dapat berdiri tegak.

Arti Istilah Tumbler

Menurut beberapa sumber, secara etimologi kata tumbler berasal dari bahasa Jerman yang berarti akrobat yang kemudian diadopsi ke dalam bahasa Inggris pada awal abad 14 yang memiliki arti jatuh atau tergelincir. Sehingga gelas yang biasanya terbuat dari logam dan mudah terguling atau tergelincir itu (tumbling), kemudian disebut tumbler.

Namun ada sumber lain yang menyebutkan bahwa sebenarnya etimolog abad ke-18 menyarankan untuk memberi nama kata “mazer” untuk gelas minum seperti cawan ini yang berasal dari kata Yunani yang berarti berguling-guling dibandingkan akrobat. Gagasan bahwa dinamakan tumbler sebagai nama gelas mudah terguling, memiliki beberapa dukungan dari fakta seperti ada jenis lain dari gelas minum abad pertengahan, yaitu adanya pemakaian tanduk sebagai wadah minuman, yang akan berguling ketika diletakkan di atas meja.

Tumbler Modern

Saat ini sebutan tumbler bukan hanya untuk gelas yang mudah terguling namun menjadi lebih umum sebagai tempat atau wadah minuman yang sedikit berbeda dengan gelas namun tidak dapat dikatakan sebagai botol secara umum.

botol tumbler

Bahkan tumbler bisa dijadikan souvenir atau cenderamata sebagai hadiah atau kenang-kenangan. Info Souvenir Tumbler Murah, Beli Aja di Unix Custom ya sob.

Jenis dan model tumbler di era ini sangat beragam termasuk bahan materialnya seperti plastik, kaca, aluminium hingga stainless steel. Harganya pun bervariasi tergantung model dan materialnya sob. Jadi ketika sobat unix akan membeli tumbler, tentu perlu memperhatikan beberapa hal seperti insulasi suhu yang dimiliki, ukuran yang di butuhkan, tutup tumbler yang berkualitas, serta hal terpenting, yaitu terkait dengan label food grade. Pilihlah tumbler yang memiliki sertifikat free BPA.

Apalagi saat ini tumbler digunakan sebagai model kampanye lingkungan karena bisa dipakai berulang kali. Secara tidak langsung mengurangi penggunaan botol plastik air kemasan serta turut andil menyelamatkan lingkungan dari limbah plastik. Dan masih banyak lagi keuntungan dengan memakai tumbler

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "Apa Itu Tumbler ! Berikut Pengertian dan Sejarahnya"