5 Tips Membuat Scrapbook Unik dan Keren

images on studio5.ksl.com

Hai Sobat Unix, taukah kamu salah satu kerajinan tangan yang sedang digemari oleh anak muda saat ini. Seni kerajinan yang didominasi antara seni tulis dan seni rupa seperti gambar, apalagi kalo bukan Scrapbook. Scrapbook merupakan jenis buku yang disajikan dengan beragam gambar dan disertai tulisan-tulisan unik lainnya. Biasanya scrapbook merupakan kumpulan lembar memo atau beberapa benda bekas yang terlihat masih layak digunakan.

Ternyata scrapbook juga dapat dijadikan sebuah hadiah untuk orang terdekat, atau mungkin sahabat. Yuk, buat sebuah cerita dari setiap lembaran memo yang kamu tempel tersebut. Jangan lupa juga untuk menempelkan beragam foto kenang-kenangan antara kamu dan sahabat. Nah, jika kamu ingin membuat scrapbook ada baiknya kamu simak 5 tips berikut yang akan minux sampaikan ini.

1. Memilih Jenis Kertas

images on liputan6

Ketika ingin membuat scrapbook, carilah bentuk atau ukuran kertas sesuai keinginan kamu. Tapi kamu mesti catat yah, Kamu tidak dapat menggunakan jenis kertas yang sembarangan lho. Pilihlah kertas yang memiliki pH atau kadar keasaman tinggi yaitu lebih dari 7. Dengan menggunakan kertas berkadar asam tinggi, maka akan membuat foto di scrapbook cenderung lebih awet dan tidak membuat foto atau gambar menjadi menghitam.

2. Perekat

photo by : katiecollins.co.uk

Dalam hal membuat sebuah karya seni tempel menempel, seperti membuat scrapbook ini yang dibutuhkan adalah sebuah perekat. Jenis perekat beraneka ragam, dari mulai jenis lem batang, double tape, pita, atau glue dot. Oh iya, dalam membuat scrapbook ini, sangat disarankan untuk menggunakan perekat berjenis glue dot. Sebab, menggunakan perekat yang satu ini akan memudahkan kamu untuk mengubah posisi ornamen dan aksesoris lainnya. Bentuk glue dot ini cenderung seperti tetesan air namun sangat rekat dan cocok untuk membuat scrapbook.

3. Alat Pemotong

images on liputan6

Jangan lupa juga untuk menyiapkan alat pemotong, baik itu pembolong kertas, gunting, cutter, dll. Sebab, dalam pembuatan scrapbook pastinya kamu akan disibukan dengan beragam jenis teknik memotong.

4. Plastik Pelindung

images on thoroughlyreviewed.com

Oh iya, sobat unik juga harus ekstra mempersiapkan plastik untuk melindungi scrapbook agar tetap bagus dan terlihat baru. Sama halnya dengan album foto yang setiap lembarnya dilapisi plastik. Scrapbook juga harus dilapisi dengan plastik untuk melindungi isi dari beragam jenis kotoran dan debu.

5. Membuat dan Menentukan Tema

images on istockphoto

Nah... Ini adalah yang paling penting, Ada baiknya juga untuk Kamu menentukan tema sebelum membuat scrapbook. Misalnya, ingin membuat tema liburan, cobalah menghias dan memberikan isi dengan tema liburan. Sehingga scrapbook memiliki cerita dalam setiap lembarnya.

Itulah beberapa bahan yang sobat siapkan sebelum membuat scrapbook. Sedangkan untuk membuatnya, kamu dapat melihat tutorial dalam video (semisal mencari di youtube) agar membantu memudahkan kamu dalam membuat scrapbook. Jangan lupa juga untuk menentukan ukuran dalam membuatnya. Buatlah sebuah naskah atau jalan cerita agar menjadi sebuah buku yang unik dan menarik. Biasanya juga harus menyiapkan beragam pernak-pernik sebagai hiasan dalam membuatnya. Seperti kancing baju yang sudah tidak terpakai, stiker, atau bahkan beberapa manik-manik sebagai pemanis scrapbook kamu.

Pemilihan warna juga harus ditentukan, sebab warna dapat mendukung kesan cantik pada hasil karya seni tersebut. Untuk yang satu ini, kamu hanya memerlukan pemilihan warna pada kertas. Oleh sebab itu, persiapkan juga beragam kertas warna-warni dari beragam jenis yang berbeda yah.

Deri WJ
Deri WJ Content Writer at unixcustom.com || Digital Marketing & Printing Enthusiast

Posting Komentar untuk "5 Tips Membuat Scrapbook Unik dan Keren"